BAN-PT TETAPKAN PROGRAM STUDI S1 TEKNIK MESIN UNTIDAR RAIH AKREDITASI B

AK MESIN 2(1)MAGELANG – Menyusul visitasi / asesmen lapangan Program Studi Teknik Sipil beberapa waktu yang lalu, Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Kemenristekn DIKTI melaksanakan visitasi ke Program Studi S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar. Visitasi dilaksanakan pada tanggal 25 s.d. 27 Juni 2018. Asesor yang bertugas melaksanakan asesmen lapangan adalah Prof. Dr. Ir. Abdul Makhsud, DEA. dan Dr Zahrul Fuadi, S.T., M.Sc. Tim Asesor disambut oleh Dekan Fakultas Teknik Untidar Ir. Kun Suharno, M.T., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Trisma Jaya Saputra, S.T., M.T., serta Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Bagus Fatkhurrozi, S,T., M.T.AK MESIN 6(1)

            Akreditasi merupakan pengakuan terhadap perguruan tinggi atau program studi yang menunjukkan bahwa perguruan tinggi atau program studi tersebut dalam melaksanakan  program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkannya, telah memenuhi standar yang  ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Status  akreditasi suatu perguruan tinggi merupakan cermin kinerja perguruan tinggi yang bersangkutan dan menggambarkan mutu, efisiensi, serta relevansi suatu program studi yang diselenggarakan. Mengingat pentingnyAK MESIN 3(1)a peringkat akreditasi, jauh-jauh hari Program Studi S1 Teknik Mesin telah mempersiapkan dokumen pendukung proses akreditasi dan persiapan pelaksanaan visitasi akreditasi program studi seoptimal mungkin. Pada saat hari H, tim Program Studi Teknik Mesin juga didampingi oleh para Kepala Biro, Kepala Pusat dan Lembaga di lingkungan Universitas Tidar, mahasiswa dan alumni sengaja dihadirkan untuk memberikan dukungan penuh selama pelaksanaan visitasi. Pada saat visitasi, asesor juga melakukan peninjauan ke ruang kelas, ruang dosen serta laboratorium yang dimiliki oleh Progdi Teknik Mesin.

            9 Juli 2018, melalui SK bernomor 1708/SK/BAN-PT/AKRED/S/VII/2018 Program Studi S1 Teknik Mesin Untidar berhasil meraih peringkat B dengan nilai 341. Hasil ini tentunya disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh civitas akademika Fakultas TeknAK MESIN 4(1)ik utamanya Program Studi S1 Teknik Mesin. “Meskipun puas dengan hasil ini, kami bertekad akan terus meningkatkan fasilitas, sarpras, pelayanan kepada mahasiswa, termasuk meningkatkan kinerja SDM, sehingga 5 tahun kedepan peringkat akreditasi akan terus meningkat”, tegas Xander Salahudin, S.T., M.Eng., selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin.            

AK MESIN 5(1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *