DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNTIDAR IKUTI PELATIHAN DAN DOKUMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU LSP

YOGYAKARTA – Dalam rangka pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi, perlu pengembangan sistem manajemen mutu LSP. Beberapa tahap yang harus dilakukan diantaranya mengidentifikasi sistem manajamen mutu LSP yang dikontekstualkan dengan sistem manajemen sektor/ subsektor/bidang, menyusun dokumen panduan mutu LSP, menyusun dokumen SOP LSP, menyusun dokumen formulir LSP, mengembangkan perencanaan dan perangkat asesmen, serta mengidentifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK simulasi milik  sendiri, ataupun TUK tempat kerja (industri) yang bekerjasama dengan LSP.

Selain itu, LSP yang mengajukan lisensi kepada BNSP harus memenuhi persyaratan diantaranya memperoleh dukungan dari para pemangku kepentingan, memenuhi dan menerapkan sistem manajemen mutu, serta memiliki  kompetensi teknis sesuai Pedoman      yang dipersyaratkan oleh BNSP.Upload 2

Sebagai langkah persiapan pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi, Fakultas Teknik Universitas Tidar mengadakan Pelatihan dan Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu LSP. “Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan proses lisensi dan sertifikasi kompetensi kerja. Selain itu memberikan pemahaman tentang berbagai persyaratan menjadi tempat uji kompetensi  sesuai pedoman BNSP 206 :2007”, jelas Bagus Fatkhurrozi, S.T., M.T., selaku Ketua Pelaksana Kegiatan. “Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta pelatihan mengerti  tentang sistem manajemen mutu tempat uji kompetensi, serta mampu mengidentifikasi SOP (Prosedur dan instruksi kerja), formulir dan dokumen pendukung lainnya”, tambahnya.

Upload 3Kegiatan Pelatihan dan Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu LSP diikuti oleh 9 orang dosen Fakultas Teknik Universitas Tidar yang sebelumnya telah mengikuti Pelatihan Asesor Kompetensi dan Workshop Penyusunan Skema, yaitu : Agung Trihasto, S.T., M.Eng., Bagus Fatkhurrozi, S.T., M.T., dan Ibrahim Nawawi, S.T., M.T. dari Jurusan Teknik Elektro, Sigit Joko Purnomo, S.T., M.T., Trisma Jaya Saputra, S.T., M.T., Wandi Arnandi, S.T., M.T., Xander Salahudin, S.T., M.T., dan Nani Mulyaningsih, S.T., M.Eng. dari Jurusan Teknik Mesin, serta Anis Rakhmawati, S.T., M.T. dari Jurusan Teknik Sipil. Acara diadakan di Hotel Inna Garuda Yogyakarta mulai tanggal 12-13 Oktober 2017.

Upload 4

Selama 2 hari peserta pelatihan mendapatkan materi dari 2 orang Narasumber yaitu Siwystika Rahayu dan Inez Mutiara Tedjosumirat dari Asosiasi Asesor Indonesia sebagai representasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Adapun materi yang disampaikan diantaranya bagaimana mengidentifkasi persyaratan pengembangan LSP, pengembangkan Sistem Manajemen Mutu, bagaimana mendokumentasikan sistem manajemen mutu, dan pra-validasi sistem dan dokumentasi sistem manajemen mutu LSP. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat segera tersusun Dokumen Mutu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 Universitas Tidar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *