Fakultas Teknik Untidar Jalin Kerjasama dengan Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta

image2MAGELANG – Senin, 30 Oktober 2017, bertempat di Ruang Rapat Dekanat Fakultas Teknik, Dekan Fakultas Teknik Untidar serta Dekan Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta menandatangi Perjanjian Kerjasama/Memorandum of Agreement.  Perjanjian Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding Nomor 008/MoU-UN62/11/2016 dan Nomor:175/UN57/KL/2016 tertanggal 3 Februari 2016,  yang telah ditandatangani Oleh Rektor Untidar dan Rektor UPN “Veteran” Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. Selain dihadiri oleh Dekan, acara ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan serta Pejabat Struktural Fakultas dari kedua belah pihak.

image1            Lingkup Perjanjian Kerjasama adalah mengenai pemanfaatan kemampuan kedua belah pihak untuk lebih mempercepat keberhasilan dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan Instansi masing-masing, dalam rangka melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Dalam hal pendidikan, Fakultas Teknik Untidar dimungkinkan untuk bisa menggunakan Laboratorium Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta untuk pembelajaran yang maksimal bagi mahasiswa. Melalui kerjasama ini diharapkan Fakultas Teknologi Mineral UPN dapat melakukan pendampingan pengembangan kurikulum dan pembukaan program studi baru sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak”, ujar Dekan Fakultas Teknik Ir. Kun Suharno, M.T. Dalam hal penelitian akan dilakukan penelitian bersama guna meningkatkan kualitas hasil penelitian. Diharapkan Fakultas Teknik Untidar dan Fakultas Teknologi Mineral UPN dapat saling mengirimkan artikel ilmiah untuk dimuat di jurnal ilmiah masing-masing pihak.

            “Tidak menutup kemungkinan kedua belah pihak akan melakukan program pengabdian masyarakat secara bersama dalam mengembangkan iptek bagi masyarakat, dan bersama sama membuat alat-alat yang inovatif, mengadakan pelatihan dan penyuluhan yang berkaitan dengan keilmuan teknik.  Dimungkinkan juga menyelenggarakan seminar atau kegiatan akademis sejenis bersama untuk dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan melakukan pemanfaatan hasil penelitian untuk kemaslahatan masyarakat”, jelas Dekan Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta, Dr. Ir. Suharsono, M.T. “Tidak berhenti sampai di sini, para pihak dapat memberikan pembinaan dan pelatihan dalam hal mekanisme penjaminan mutu internal fakultas secara baik dan benar, dan dapat saling mendampingi dalam hal pelaksanaan proses penjaminan mutu internal fakultas. Secara keilmuan, antara Fakultas Teknik Untidar dan Fakultas Teknologi Mineral memang berbeda kompetensinya. Meski demikian secara manajerial dan administratif bisa saling belajar”, tambah Dekan UPN.

image4

            Di sela acara penandatanganan, juga diadakan sesi diskusi dan tanya jawab, saling sharing pengalaman, untuk memberikan masukan bagi kemajuan bersama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *