KULIAH UMUM TEKNIK ELEKTRO BERTEMA “Internet of Thing”

IMG_7737(1)

MAGELANG – INTERNET (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”). Untuk memahami lebih lanjut tentang internet dan kegunaanya, maka Mahasiswa Teknik Elektro yang terhimpun dalam Himpunan Mahasisawa Teknik Elektro (HME) Uinversitas Tidar mengadakan Kuliah Umum Dengan Tema “ Internet of Things” Pada Jumat petang tanggal 9 Juni 2017 yang bertempat di Auditorium Universitas Tidar. Materi ini dibawakan secara menarik dan menggugah oleh Bapak Arief Hendra Saptadi, S.T., M.Eng. Beliau adalah Seorang Dosen dari Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto, dengan dipandu oleh Sdr. Fajar  Aji Pamungkas Selaku moderator acara. Inti dari materi yang di sajikan oleh pemateri adalah menjelaskan definisi internet itu sendiri, objek dari suatu jaringan seperti alat-alat elektronik yang disematkan ke dalam perangkat keras, perangkat lunak, sensor dan connectivitas jaringan yang dapat memungkinkan objeck-objeck ini saling bertukar data dan informasi serta dapat mengumpulkan data secara otomatis.

IMG_7733(1)

Beliau juga menjelaskan beberapa layanan yang berlaku di Indonesia dan termasuk dalam layanan IoT (Internet of Thing). Bahkan beberapa layanan tersebut merupakan hasil karya anak negeri kita dan sudah sangat familier di masyarakat khususnya masyarakat modern ini. Layanan aplikasi ini antara lain seperti “ Jepret”, “Go-jeck”, “Geeknesia”, dan “eFishery”. Ini beberapa contoh beberapa jenis aplikasi dari layanan IoT yang juga di bahas dalam materi yang di ungkapkan oleh Bapak Arief Hendra Saptadi, S.T., M.Eng pada acara kuliah umum tersebut.

Materi lengkap bisa di download di sini.

IMG_7622(1)

Acara tersebut berlangsung meriah dengan diselingi buka puasa bersama keluarga besar Jurusan Teknik Elektro juga ada pertunjukan musik dari band akustik setempat. Peserta juga antusias dalam mengikuti acara tersebut. Selaian para mahasiswa dapat menambah pengetahuan serta ilmu, juga dapat menjadi salah satu inspirasi serta rangsangat untuk Mahasiswa khususnya Mahasiswa Teknik Elektro agar dapat melahirkan karya-karya yang dapat membanggakan jurusan teknik elektro khususnya dan dapat mengangkat serta mengharumkan Fakultas Teknik pada umumnya. (Red.FBR)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *