LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi) dan Bakti Sosial

Kegiatan LDKO (Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi) dan Bakti Sosial adalah kegiatan lanjutan dari rangkaian OTADAMA. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu (8 – 9/10) di Dusun Nduren, Desa Kembangan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dibentuk secara berkelompok sejumlah 10 kelompok dengan kisaran mahasiswa 9 sampai dengan 10 peserta. Setiap tim diharuskan mendirikan dua buah tenda dum dan beberapa penugasan lain oleh panitia dengan harapan mampu bersahabat dengan alam.

Setiba di lokasi pukul 10 pagi (8/10), mahasiswa dengan segala kelengkapannya membantu bersih desa secara tim dengan bagian wilayah yang sudah ditentukan oleh panitia. Selain itu, tiap kelompok yang telah ditugaskan membawa tempat sampah ukuran besar dan sapu lidi untuk meletakkannya pada beberapa sudut jalan-jalan desa. Kegiatan ini diharapkan membantu warga desa dalam hal gotong-royong bersih desa mingguan atas kepenatan pekerjaan yang rutin dan dalam lingkup besar agar menciptakan kesadaran mahasiswa serta masyarakat desa terhadap kebersihan lingkungan. Kegiatan selanjutnya berupa penyerahan alat-alat ibadah pada sebuah Musala yang bangunannya belum permanen karena beberapa renovasi, bantuan tersebut di antaranya berupa mukena, sarung dan Al-Quran.

HMTE3

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Latihan Kepemimpinan. Materi pertama tentang pengenalan kampus dan sekilas tentang kegiatan kemahasiswaan oleh Dr. Ir. SaptoNisworo, M.T., selaku yang mengisi materi serta dihadiri oleh DeriaPravitasari, S.T., M.Eng., yang keduanya selaku dosen Jurusan Teknik Elektro Universitas Tidar. Materi kedua berupa Pengenalan Organisasi Kampus oleh Ketua Himpunan Teknik Elektro, WibyHiryanto. Dan, materi ketiga adalah Kepemimpinan dan FKHMEI (Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia) oleh Koordinator Humas dari FKHMEI Wilayah 9 sub Wilayah Magelang – Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan belum selesai. Sebagai kegiatan puncak, mahasiswa secara tim melakukan perjalanan atau hiking untuk memenuhi materi-materi dalam kesesuaian untuk mencapai kegiatan LDKO. Hiking terdiri atas 5 Pos dengan materi sebagai berikut secara runtut; Kedisiplinan, FKHMEI, Birokrasi HMTE, Mental dan pos terakhir dikhususkan agar tiap mahasiswa mampu berdiskusi tentang evaluasi kegiatan yang dilakukan selama perjalanan. Masing-masing dari materi tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat berperan aktif dalam mengemukakan gagasan-gagasan baik secara individual maupun kelompok, berpikir kritis dalam kepemimpinan dan organisasi, memiliki jiwa kepemimpinan dengan mengutamakan kepentingan bersama daripada diri sendiri dan mampu berkontribusi aktif dalam suatu kegiatan.

HMTE6

Seusai upacara penutupan dilakukan penanaman pohon bersama warga sekaligus mengaplikasikan diri untuk mencintai alam dan sedikitnya melakukan penghijauan di kaki Gunung Andong, Kabupaten Magelang. Yang diharapkan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro dari serangkaian kegiatan ini, baik panitia atau pun peserta mampu menjadi manusia yang memiliki kesadaran sosial, bersikap kritis terhadap isu-isu, memiliki jiwa pemimpin yang mementingkan banyak orang, berperan aktif sebagai agen perubahan bangsa dan meningkatkan kepedulian sosial bagi sesama serta pada waktu-waktu berikutnya dapat membuat kegiatan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

HMTE5HMTE7

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *