MUSYAWARAH WILAYAN IV FORWIL V “MENYONGSONG KEBERSAMAAN DALAM SATU KESAUDARAAN”

WhatsApp Image 2017-04-18 at 11.25.45 AM

CILACAP-HMM FT-UNTIDAR baru saja mengikuti Musyawarah Wilayah ke-4 Forum Wilayah V Forum Mahasiswa Mesin Indonesia. Musyawarah Wilayah ke-4 FORWIL (Forum Wilayah) V FMMI (Forum Mahasiswa Mesin Indonesia) DIY-JATENG bertema “Menyongsong Kebersamaan dalam Satu Kesaudaraan”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat sampai Minggu (18-19/3/2017) di Politeknik Negeri Cilacap. Musyawarah Wilayah (MUSWIL) merupakan kegiatan dari Forum Wilayah V yang dilaksanakan sekali dalam satu tahun, yaitu ketika Pra MUNAS (maksimal 3 bulan sebelum diadakan MUNAS) dan Pasca MUNAS (maksimal 6 bulan setelah diadakannya MUNAS). Wisma Wira Nata selaku perwakilan Korwil (Koordinator Wilayah) V dari Universitas Panca Sakti Tegal mengatakan bahwa tujuan dari Musyawarah Wilayah ke-4 ini yaitu untuk memaparkan hasil dari PMTM (Pertemuan Mahasiswa Teknik Mesin) XXI dan Musyawarah Nasional (MUSNAS) XI FMMI di Universitas Tadulako Palu.

WhatsApp Image 2017-04-18 at 11.25.20 AM

Tuan rumah Musyawarah Wilayah ke-4  FORWIL V adalah HMTM (Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin) Politeknik Negeri Cilacap. Politeknik Negeri Cilacap (PNC) merupakan institusi teknik mesin yang baru tergabung di FORWIL V tepatnya di FORDA Tengah FORWIL yaitu FKTMJ (Forum Komunikasi Teknik Mesin Jogjakarta) yang baru diresmikan bersamaan dengan institusi lain, yaitu Universitas Sains Al-Quran (UNSIQ Wonosobdan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Acara yang di Ketuai oleh David Sudrajad Suryawikarta berjalan dengan lancar.

 

Musyawarah Wilayah yang dilaksanakan selama tiga hari dua malam ini mendatangkan banyak institusi yang tergabung dalam Forum Wilayah V. Forum Wilayah V itu sendiri terdiri dari 3 Forum Daerah (FORDA), yaitu FKTMJ (Forum Komunikasi Teknik Mesin Jogjakarta), FMM-JU (Forum Mahasiswa Mesin Jateng Utara), dan FMM-S (Forum Mahasiswa Mesin Surakarta).

WhatsApp Image 2017-04-18 at 11.24.58 AM

Ada beberapa serangkaian kegiatan pada Musyawarah Wilayah ini. Sabtu, 18 Maret pukul 07.00 WIB dibuka dengan Sarasehan yang  diisi dengan perkenalan antar sesama institusi Teknik Mesin yang menghadiri Musyawarah Wilayah. Selanjutnya, acara Musyawarah Wilayah ke-4 ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Lagu Solidarity Forever. Disusul peresmian acara  oleh Pujono, S.T.M.Eng selaku Wakil direktur III Bidang Kemahasiswaan Politeknik Negeri Cilacap. Ada juga seminar nasional yang diisi oleh Joko Setya, A.Md, S.T.M.Eng selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin dan selanjutnya yaitu acara inti dari Musyawarah Wilayah ini.

Musyawarah Wilayah ke-4 ini menghasilkan beberapa keputusan yang telah disepakati yaitu PDRT (Pedoman Dasar Rumah Tangga) Forwil V, Pembahasan dan Penetapan PMTM (Pertemuan Mahasiswa Teknik Mesin) Wilayah V dan tuan rumah PMTM yaitu di PHB (Politeknik Harapan Bersama) Tegal, tuan rumah Musyawarah Wilayah ke-5 yaitu di HMM PGRI Semarang dan beberapa pemaparan dari hasil Musyawarah Nasional XI di UNIVERSITAS TADULAKO PALU. PMTP (Pertemuan Mahasiswa Teknik Mesin) merupakan agenda baru yang kemarin dibahas di Muswil ke-4 di Politenik Negeri Cilacap. Dalam agenda PMTM ada 2 Program Kerja Wajib yaitu , LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) Wilayah V dan Karya Teknologi dan jika ada program lainnya bisa ditambahkan.

WhatsApp Image 2017-04-18 at 11.22.11 AM

Dalam Musyawarah  Wilayah ke-4 Forwil V kemarin terlihat bahwa rasa solidaritas antar mahasiswa Teknik Mesin di berbagai daerah sangatlah besar dan perlu dijaga agar semboyan M Solver tetap dapat terwujud dimanapun dan kapanpun.(Red)  

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *