PERDANA, MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO IKUTI PELATIHAN PSIM

MAGELANG – Power Simulation atau lebih dikenal dengan PSIM merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mensimulasikan berbagai karakteristik elektronika dan sistem tenaga listrik yang berjalan pada Operator System Windows dan semacamnya. Aplikasi ini digunakan untuk mencegah kesalahan yang mungkin terjadi sebelum rangkaian listrik tersebut diaplikasikan ke PLC (Programmable Logic Controller).

Pentingnya aplikasi PSIM dalam menunjang perkuliahan khususnya mahasiswa teknik elektro, Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T. dan Deria Pravitasari, S.T., M.T., dosen teknik elektro menggelar pelatihan PSIM di ruang multimedia UNTIDAR, pertengah Desember lalu.

Pelatihan yang diikuti puluhan mahasiswa teknik elektro dari berbagai semester ini dibimbing oleh kedua dosen tersebut mulai dari pemberian contoh rangkaian mulai dari perkenalan komponen/elemen, membuat rangkaian hingga mensimulasikannya.

PSIM 2(2)

“Pelatihan ini sangat bermanfaat. Kami yang mengikuti pelatihan ini mendapat ilmu tambahan contohnya bagaimana membuat simulator sederhana,“ tutur Antika Prasetyaningtyas, salah satu peserta pelatihan PSIM.

Menurut mahasiswa teknik elektro semester 5 ini, PSIM berguna untuk melatih kreativitas dalam membuat rangkaian listrik sekaligus mensimulasikannya dalam bentuk gelombang. “Saya harap kedepannya pelatihan ini menjadi acara rutin sehingga semua mahasiswa teknik elektro dapat memperoleh pelatihan PSIM secara merata,”pungkas Intan. (Umu-Raisha-Putri Mg/DN)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *