TIDAR ENGINEERING AND SCIENCE OLYMPICS (TESO)

Fakultas Teknik Universitas Tidar mengadakan Tidar Engineering and Science Olympics (TESO). TESO merupakan kompetisi olah oral, nalar dan fisik untuk siswa SMA/MA/SMK di Indonesia yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Tidar. Kegiatan ini bertujuan: menumbuhkan kecintaan dan minat siswa SMA/SMK/MA terhadap ilmu sains terapan dalam kehidupan, mengasah dan mengembangkan kemampuan ilmu sains terapan bagi siswa siswi SMA/SMK/MA tingkat regional Jawa Tengah, menumbuhkan semangat dan motivasi siswa SMA/SMK/MA untuk selalu dapat berprestasi, menumbuhkan daya saing siswa siswi SMA/SMK/MA dalam berkompetisi, dan memperkenalkan Universitas Tidar umumnya dan Fakultas Teknik khususnya sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang kompetitif.

teso 1

Kegiatan ini melombakan berbagai macam kompetisi, yaitu:

  1. Mechanical Transport Challenge

teso 8

Mechanical transporter adalah alat yang digunakan untuk memindahkan benda dari satu tempat ke tempat yang lain dengan memanfaatkan gaya mekanik. Lomba ini dibuat untuk mendisain dan menciptakan sebuah alat untuk memindahkan sebuah beban dari dari atas sebuah perlintasan kayu ke lokasi sasaran. Kompetisi ini dimenangkan oleh SMK Negeri Tembarak.

teso 5

 

  1. Straw Bridge Design Challenge

teso 10

Lomba rancang bangun jembatan dengan sedotan ini dimaksudkan untuk mengenalkan siswa tentang desain jembatan dan perilakunya terhadap beban. Model fisik jembatan tipe rangka baja akan dirakit dengan bahan sedotan. Penilaian lomba yang akan digunakan adalah kriteria pemilihan desain, kriteria kekuatan kontruksi jembatan dan kriteria penilaian keseluruhan. Pemenang di bidang ini adalah MAN Temanggung.

teso 11

 

  1. Mini Electric Car Challenge

teso 4

Mini Electric bottle Car terbuat dari botol plastik bekas minuman dan digerakkan oleh motor listrik DC dengan sumber tenaga baterai. Lomba ini dibuat bertujuan untuk  mengetahui pemahaman peserta tentang prinsip kerja sebuah mobil listrik dan mengasah kemampuan peserta dalam mendisain mobil agar bekerja dengan baik. Pemilihan botol sebagai rangka mobil bertujuan untuk memanfaatkan sampah botol plastik menjadi lebih berguna. Kompetisi dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Ngluwar

teso 3

 

  1. Innovative Idea-Presentation

teso 6

Inovative Idea Presentation adalah lomba gagasan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan analitis dan penyelesaian masalah melalui cara yang inovatif dan aplikatif. Tema yang diambil adalah energi terbarukan. Aplikasi energi terbarukan di Indonesia masih mengalami banyak kendala, baik dari sisi pembiayaan, kesesuaian teknologi maupun sisi sosial. Oleh karena itu, siswa SMA/SMK/MA sebagai generasi muda diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran berupa solusi dari permasalahan tersebut. Pemenangnya adalah MAN Tegalrejo.

teso 7

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *