TESO

Tidar Engineering and Science Olympics (TESO)

Latar Belakang

Nama Kegiatan

Dasar Kegiatan

Tujuan Kegiatan

Sasaran Kegiatan

Gambaran Umum Kegiatan

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Pendafataran

Susunan Acara

 

Latar Belakang

Pada Era teknologi informasi tidak ada lagi sekat batas geografis dan topografi, informasi dapat dengan mudah diakses dan dikonsumsi. Dampak negatif dan positif senantiasa menyertai dalam perkembangannya, penggunaan dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda adalah usaha yang harus dilakukan. Universitas Tidar sebagai entitas pendidikan tinggi mendorong agar generasi muda Indonesia mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang baik di bidang sains terapan.
Generasi muda terutama siswa SMA/SMK/MA sudah sejak Sekolah Dasar (SD) mengenal ilmu matematika, fisika, kimia, biologi namun interaksi terhadap ilmu tersebut sebagian besar hanya tekstual di kelas jarang dilakukan kontekstualisasi di lapangan. Akibatnya terjadi kekurang-fahaman (gap) dalam aplikasi di kehidupan sehari-hari.
Tidar Engineering and Science Olympics (TESO) merupakan kompetisi olah oral, nalar dan fisik untuk siswa SMA/MA/SMK di Indonesia yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Tidar. Kegiatan ini melombakan berbagai macam kompetisi seperti; Mini transport challenge, Straw bridge design challenge, Mini electric car challenge, GT-presentation. Untuk juara kategori akan mendapatkan uang pembinaan dan juara umum akan mendapatkan piala Rektor. Diharapkan pada kompetisi ini lahir para ilmuwan muda Indonesia yang menguasai konsep dan tepat dalam aplikasi.
Rencananya kegiatan ini akan rutin diselenggarakan setiap tahun dengan topik dan konsep acara yang bervariasi.

 

Nama Kegiatan

Kegiatan yang akan diselenggarakan adalah ”Tidar Engineering and Science Olympics (TESO)”

 

Dasar Kegiatan

Kegiatan ini didasari pada beberapa landasan yaitu:
1. Tri Dharma Perguruan Tinggi
2. Program kerja tahun 2016 Fakultas Teknik UNTIDAR

 

Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah
1. Menumbuhkan kecintaan dan minat siswa SMA/SMK/MA terhadap ilmu sains terapan dalam kehidupan.
2. Mengasah dan mengembangkan kemampuan ilmu sains terapan bagi siswa siswi SMA/SMK/MA tingkat regional Jawa Tengah
3. Menumbuhkan semangat dan motivasi siswa SMA/SMK/MA untuk selalu dapat berprestasi
4. Menumbuhkan daya saing siswa siswi SMA/SMK/MA dalam berkompetisi.
5. Memperkenalkan Universitas Tidar umumnya dan Fakultas Teknik khususnya sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang kompetitif.

 

Sasaran Kegiatan

Kegiatan ini mempunyai sasaran yaitu;
1. Peserta dan panitia : – Siswa SMA/SMK/MA se-Jawa Tengah
– Guru pendamping dari setiap sekolah
– Mahasiswa Fakultas Teknik UNTIDAR
2. Estimasi jumlah : – Siswa SMA/SMK/MA sejumlah 120 orang
– Guru Pendamping sejumlah 40 orang
– Mahasiswa FT UNTIDAR 40 orang

 

Gambaran Umum Kegiatan

Kegiatan ini akan diselenggarakan selama satu hari terdiri atas empat macam kompetisi yaitu;

1. Mini Transport Challenge

Mechanical transporter adalah alat yang digunakan untuk memindahkan benda dari satu tempat ke tempat yang lain dengan memanfaatkan gaya mekanik. Lomba ini dibuat untuk mendisain dan menciptakan sebuah alat untuk memindahkan sebuah beban dari dari atas sebuah perlintasan kayu ke lokasi sasaran. Untuk lebih jelasnya silahkan click di sini.

Untuk video tutorialnya silahkan lihat di bawah ini.

 

2. Straw Bridge Design Challenge

Jembatan merupakan infrastruktur yang banyak ditemukan diindonesia karena peruntukannya sebagai transportasi penghubung. Jembatan mempunyai banyak tipe dan jenis dan jenis mulai dari jembatan beton, kayu, gantung maupun rangka baja. Berbagai model digunakan untuk mengetahui perilaku jembatan terhadap beban untuk mencegah terjadinya kegagalan konstruksi. Lomba rancang bangun jembatan dengan sedotan ini dimaksudkan untuk mengenalkan siswa tentang desain jembatan dan perilakunya terhadap beban. Model fisik jembatan tipe rangka baja akan dirakit dengan bahan sedotan. Penilaian lomba yang akan digunakan adalah kriteria pemilihan desain, kriteria kekuatan kontruksi jembatan dan kriteria penilaian keseluruhan. Untuk lebih jelasnya silahkan click di sini.

Untuk video tutorialnya silahkan lihat di bawah ini.

3. Mini Electric Car Challenge

Membuat Mini Electric Bottle Car adalah tantangan untuk siswa SMA/SMK/MA dalam bidang Teknik Elektro. Mini Electric bottle Car terbuat dari botol plastik bekas minuman dan digerakkan oleh motor listrik DC dengan sumber tenaga baterai. Lomba ini dibuat bertujuan untuk  mengetahui pemahaman peserta tentang prinsip kerja sebuah mobil listrik dan mengasah kemampuan peserta dalam mendisain mobil agar bekerja dengan baik. Pemilihan botol sebagai rangka mobil bertujuan untuk memanfaatkan sampah botol plastik menjadi lebih berguna. Untuk lebih jelasnya silahkan click di sini.

Untuk video tutorialnya silahkan lihat di bawah ini.

 

4. Innovative Idea-Presentation

Inovative Idea Presentation adalah lomba gagasan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan analitis dan penyelesaian masalah melalui cara yang inovatif dan aplikatif. Tema yang diambil adalah energi terbarukan. Aplikasi energi terbarukan di Indonesia masih mengalami banyak kendala, baik dari sisi pembiayaan, kesesuaian teknologi maupun sisi sosial. Oleh karena itu, siswa SMA/SMK/MA sebagai generasi muda diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran berupa solusi dari permasalahan tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan click di sini.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada;
Hari/ Tanggal : Minggu, 27 November 2016
Waktu : 07.00-15.00 WIB
Lokasi : Universitas Tidar

 

Pendaftaran

Ketentuan Pendaftaran : Calon peserta wajib Membaca dan memahami serta mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan format yang sudah di sediakan. Untuk mengunduh formulir silahkan click  di sini. Karena perlombaan diadakan bersamaan maka siswa yang sama tidak diperbolehkan mengikuti 2 jenis perlombaan. Formulir dapat dikirimkan melalui email ke alamat teso@untidar.ac.id atau konfirmasi via SMS (only) 089654944594. Biaya akomodasi dan penginapan tidak ditanggung panitia sehingga setiap sekolah dapat menyediakannya sendiri. Panitia hanya menyediakan makan siang pada saat pelaksanaan olimpiade.

Susunan Acara

UPT TIK Untidar