Universitas Tidar (merupakan Perguruan Tinggi Pemerintah atau Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 pada tanggal 1 April 2014. Universitas Tidar (UNTIDAR) merupakan perubahan status Universitas Tidar Magelang (UTM) yang didirikan berdasarkan Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V Nomor 032/SK/Kpts/VII/1979. Universitas Tidar Magelang secara resmi memulai penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi tanggal 17 Juli 1979 sesuai ijin Koordinator Kopertis Wilayah V (Jawa Tengah dan DIY), Drs. Wuryanto, Nomor 032/SK/Kpt/VII/1979 berkedudukan di Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kota Magelang. Pada saat pendiriannya, Universitas Tidar terdiri dari lima fakultas yang membawahi tujuh jurusan yaitu Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Ekonomi Umum; Fakultas Sastra dan Kebudayaan dengan Jurusan Sastra Inggris dan Sastra Indonesia; Fakultas Teknik dengan Jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil; Fakultas Pertanian dengan Jurusan Pendidikan Ahli Farming; serta Fakultas Sospol dengan Jurusan Administrasi Negara.

Kondisi pembelajaran Program Studi S1 Teknik Mesin hingga tahun 2015 berorientasi pada konsentrasi konversi energi dan perancangan konstruksi mesin. Konsentrasi tersebut disesuaikan dengan kondisi stakeholders saat penyusunan kurikulum terdahulu. Lulusan yang dihasilkan memiliki kemampuan dalam bidang motor bakar, fluida, dan perancangan alat/mesin.

Pengembangan Program Studi S1 Teknik Mesin mulai tahun 2016 mengembangkan empat konsentrasi keilmuan yaitu konversi energi, material teknik, perancangan konstruksi mesin dan manufaktur. Berbekal kemampuan tersebut, maka diyakinkan mampu menghasilkan tenaga professional baik sebagai akademisi, tenaga profesional, desainer, peneliti di bidang teknik mesin. Disamping itu, mahasiswa juga dibekali kemampuan wirausaha sesuai kurikulum Universitas Tidar sehingga mampu menghasilkan wirausahawan muda yang handal.

A. VISI

Menjadi program studi yang unggul dibidang riset teknik mesin yang mendukung pengembangan IPTEKS dan kewirausahaan.

B. MISI              

Guna mewujudkan visi tersebut, Program Studi S1 Teknik Mesin melaksanakan hal-hal sebagai berikut :

  1. Melaksanakan pendidikan yang bermutu di bidang ilmu material teknik, perancangan konstruksi mesin, manufaktur, dan konversi energi.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang material teknik, perancangan konstruksi mesin, manufaktur, dan konversi energi yang diarahkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mengaplikasikan ilmu-ilmu material teknik, perancangan konstruksi mesin, manufaktur, dan konversi energi yang berorientasi pada teknologi tepat guna untuk mendukung kewirausahaan.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan IPTEKS yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

C. TUJUAN

Tujuan Program Studi S1 Teknik Mesin yaitu menghasilkan Sarjana Teknik  (S.T.) yang kompeten dalam hal :

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dalam bidang teknik mesin sehingga mampu mengidentifikasi, menjelaskan, menganalisis/mengevaluasi secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang berhubungan dengan material teknik, perancangan konstruksi mesin, manufaktur, dan konversi energi.
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan bidang teknik mesin yang berguna untuk kesejahteraan masyarakat.
  3. Mampu bersikap dan berperilaku/berkarya dalam karir profesionalnya sesuai dengan norma kehidupan bermasyarakat.

Kualifikasi sarjana hasil dari lulusan Program Studi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai :

– Akademisi

Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai akademisi seperti tenaga pendidik,tenaga kependidikan, maupun praktisi.

– Tenaga Profesional

Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai supervisor, pengelola proyek  di industri teknik mesin. Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai tenaga profesional baik di  perusahaan BUMN / Perusahaan Swasta/ PMA.

– Desainer dan Perancang di Bidang Teknik Mesin

Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai desainer maupun perancang dalam perusahaan manufaktur yang berhubungan dengan bidang teknik mesin.

– Peneliti Profesional

Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat bekerja sebagai peneliti profesional baik di LIPI, Badan Metrologi, institusi PTN, PTS  maupun bekerjasama dengan lembaga peneliti-peneliti lainnya.

– Konsultan Engineering

Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat juga sebagai konsultan engineering baik sebagai perencana, pengawas, maupun pelaksana proyek engineering.

– Wirausahawan

Lulusan Prodi S1 Teknik Mesin dapat juga sebagai wirausahawan muda baik sebagai bisnis bidang engineering, maupun bisnis lainnya.

PLT Ketua Jurusan Teknik Mesin Xander Salahudin, S.T., M.Eng.
Sekretaris Jurusan Teknik Mesin Wandi Arnandi, S.T., M.Eng.
Kepala Laboratorium Teknik Mesin Nani Mulyaningsih, S.T., M.Eng.
PLT Koordinator Program Studi S1 Teknik Mesin Catur Pramono, S.T., M.Eng.

Daftar Tenaga Pendidik Yang Ada Pada S1 Teknik Mesin

1. Ir. Kun Suharno, M.T. kun_plumbor@yahoo.com
2. Ir. Sri Widodo, M.Eng. sriwidodoft@gmail.com
3. Dra. Endang Mawarsih, M.Sc. endfamous@yahoo.com
4. Nani Mulyaningsih, S.T., M.Eng. nani_mulyaningsih@yahoo.com
5. Xander Salahudin, S.T., M.Eng. xander@untidar.ac.id
6. Catur Pramono, S.T., M.Eng. caturpramono28@gmail.com
7. Prastowo Murti, S.Si., M.Eng. prastowomurti@gmail.com
8. Solli Dwi Murtyas, S.T., M.Eng.

UPT TIK Untidar