FAKULTAS TEKNIK BEKALI LULUSAN PERIODE SEPTEMBER 2020 DENGAN STRATEGI MENGHADAPI TANTANGAN DUNIA KERJA DI MASA PANDEMI COVID-19

Magelang – Tak hanya mencetak lulusan, Fakultas Teknik  Universitas Tidar  juga mengantarkan calon wisudawan periode September 2020 ke dunia kerja dengan memberikan pembekalan menjelang prosesi wisuda. Bertempat di Hotel Atria Magelang, Selasa (29/09/2020), dilaksanakan acara Pembekalan Calon Wisudawan Sarjana/Diploma Periode September 2020  dari 4 Program Studi yaitu Program Studi S1Teknik Sipil, S1Teknik Elektro, S1Teknik Mesin dan D3 Teknik Mesin. Acara yang dimulai pukul 12.00 s.d 17.00 WIB  ini mengangkat tema “Kesiapan dan Strategi memasuki Dunia Kerja di Era New Normal”, Selasa (29/09/2020), dengan pemateri Fajar Riyadi Dwi Sasongko, S.Psi,  selaku Founder, Trainer & Konsultan SDM/HRD Kelir Ati Development Corner Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan  untuk memberikan trigger semangat akan tantangan yang kelak harus ditaklukkan serta membekali calon wisudawan agar tidak bimbang dalam menghadapi persoalan terutama dalam memasuki dunia kerja. Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi antara Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Wisudawan/I Fakultas Teknik Universitas Tidar.

Dalam sambutannnya, Dekan Fakultas Teknik Universitas Tidar, Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T. menyampaikan  ucapan selamat kepada para calon wisudawan yang telah menyelesaikan studi di perguruan tinggi. “Ketika sudah lulus nanti calon wisudawan bukan lagi teman ataupun sahabat namun keluarga dalam ikatan alumni Fakultas Teknik Universitas Tidar”, ucap Dekan Fakultas Teknik Universitas Tidar.

Muhammad Yusuf, calon wisudawan dari S1 Teknik Mesin  angkatan 2015, yang didapuk sebagai perwakilan para wisudawan menyampaikan ucapan terimakasih kepada civitas akademika Fakultas Teknik  dan permintaaan  maaf apabila dalam menuntut ilmu para wisuda melakukan kesalahan. Selain itu, ia juga memohon doa restu untuk melanjutkan perjalanan dan pengabdian  para calon wisudawan agar  berjalan dengan lancar dan dimudahkan.

Fajar Riyadi Dwi Sasongko, S.Psi, dalam materinya menyampaikan bahwa kampus harus memahami kebutuhan dunia industri akan SDM di era new normal. Salah satunya yang bisa dilakukan pada tahun 2020, kampus-kampus vokasi didorong untuk berkolaborasi dengan industri agar menghasilkan karya-karya riset terapan yang mendukung tanggap darurat Covid-19.

“Perubahan industri bergeser ke kondisi kenormalan baru, juga harus diikuti dinamikanya oleh kampus dan kurikulumnya. New Normal akan memunculkan generasi baru. Generasi tersebut adalah generasi dengan kemampuan menyesuaikan karakter yang baru sesuai kondisi New Normal. Karakter dan kompetensi di New Normal akan ada pergeseran. Sejauh ini karakteristik SDM yang dibutuhkan di era New Normal adalah menguasai kerja jarak jauh dan kemampuan berjejaring”, imbuhnya.

Fajar Riyadi Dwi Sasongko, S.Psi, juga menyampaikan tentang skill yang sering dibutuhkan dalam dunia kerja, yakni;

  1. Problem solving
  2. Communication
  3. Critical thinking
  4. Think creatively
  5. leadership
  6. Able to cooperate with others
  7. Emotional Intelligence
  8. Able to assess and make decisions
  9. Service oriented

Calon wisudawan nampak begitu antusias dengan adanya pembekalan ini. Raut bahagia tampak terpancar dari wajah  calon wisudawan karena telah berhasil menyelesaikan studi di Fakultas Teknik Untidar. Acara pembekalan oleh praktisi SDM juga memberikan pencerahan kepada calon wisudawan agar semangat dan optimis memasuki dunia kerja.

(Write : Anna; Edit : Endah; Upl : Fibra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *