Rapat Kerja Fakultas Teknik Universitas Tidar Tahun 2020

Jumat s.d. Sabtu, 6-7 November 2020, Fakultas Teknik Untidar mengadakan Rapat Kerja yang melibatkan seluruh dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Teknik. Rapat Kerja merupakan kegiatan tahunan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, serta  membahas rencana kegiatan dan anggaran untuk tahun yang akan datang.

Rapat Kerja dilaksanakan di Griya Persada Convention Hotel & Resort, Kaliurang Yogyakarta. Selain dihadiri dosen dan tendik FT, Raker juga dihadiri oleh Rektor Untidar, Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan dan Kepala Bagian Keuangan Biro Umum dan Keuangan Universitas Tidar.

Dekan  Fakultas Teknik Universitas Tidar, Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T., dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya rapat kerja ini untuk melakukan evaluasi ketercapaian program kerja tahun 2020 serta menyusun rencana program kerja tahun 2021 untuk masing-masing Prodi di Fakultas Teknik. Selain itu, Dekan Fakultas Teknik meminta agar masing-masing  Prodi membuat matriks terkait capaian kegiatan/program kerja tahun 2020, hambatan/akar masalah yang dihadapi oleh program studi serta alternatif/solusi dalam menghadapi hambatan.

“Sebagai terobosan pada tahun 2021 akan diadakan kegiatan evaluasi sebanyak 2 kali dalam  setahun, dengan periode setengah tahun evaluasi kecil dan akhir tahun evaluasi besar/keseluruhan dengan harapan untuk menyempurnakan hal-hal yang belum tercukupi di periode setengah tahun sebelumnya”, jelas Dekan.

Senada dengan Dekan Fakultas Teknik, Rektor Untidar Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc menyampaikan bahwa rapat kerja  ini sebagai ajang untuk merefleksikan  diri apa yang sudah dilakukan selama satu tahun. Apa saja yang sudah tercapai dan apa yang belum tercapai, kemudian dicari akar masalah dan solusi atas permasalahan tersebut.

“Kebijakan Universitas untuk tahun 2021 masih sama dengan kebijakan tahun 2020, yaitu fokus memperbaiki  kualitas prodi yang tolak ukurnya adalah akreditasi. Harapannya agar setiap fakultas lebih progresif untuk meningkatkan akreditasi masing-masing prodi. Selain itu, Universitas juga fokus pada peningkatan kinerja dosen. Perlu dipetakan apa permasalahan yang dihadapi oleh dosen khususnya dosen di Fakultas Teknik. Tugas Dekan Fakultas Teknik adalah mengelompokkan dosen-dosen, kemudian diberikan tugas. Penugasan tersebut dimasukkan ke dalam kontrak kerja yang nantinya akan di evaluasi dalam SKP”, tegas Rektor.

Sementara Wakil Rektor II  Bidang Umum dan Keuangan Untidar  Dr.  Jaka   Isgiyarta, M.Si, CA.Akt. menyampaikan bahwa dari bidang umum dan keuangan, telah menyiapkan beberapa strategi untuk pengembangan universitas diantaranya pengalokasian anggaran untuk perencanaan/pengadaan bangunan di Sidotopo dan Mertoyudan, alokasi anggaran peralatan laboratorium, alokasi anggaran untuk dosen non PNS dan  peningkatan nilai maksimum UKT sesuai dengan surat edaran Dikti.

(Wrt/Edit : Endah; Upload : Fibra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *