FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TIDAR ADAKAN RAPAT PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) GASAL TA2020/2021

MAGELANG _ Dalam rangka persiapan dimulainya Semester Gasal Tahun Akademik 2020-2021, Fakultas Teknik mengadakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester sebagai pedoman penyelenggaraan perkuliahan secara daring (online) selama masa pandemic Corona Virus Disease (Covid-19). Acara berlangsung selama dua hari pada Jumat-Sabtu (24-25/07/2020) di Ruang Paramount 1, Atria Hotel Magelang. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Tidar, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Tidar,  Dekan Fakultas Teknik, Koordinator Penjaminan Mutu Pendidikan LPPM-PMP, Pejabat Struktural di Lingkungan Fakultas Teknik, Dosen dan Staf Tenaga Kependidikan Fakultas Teknik.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dosen dalam merencanakan pembelajaran secara daring (online) pada semester gasal mendatang. RPS sangat penting sebagai pedoman dosen maupun mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan satu semester yang sepenuhnya dilakukan dari rumah atau secara daring (online)  untuk meraih capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. selaku Rektor Universitas Tidar mengungkapkan “ Kegiatan Perkuliahan semester gasal sepenuhnya akan dilaksanakan secara daring (online), mengingat perkembangan kondisi saat ini. Bagian terpenting dalam mereview atau menyusun RPS yaitu, pertama: terkait rumusan capaian pembelajaran, masing-masing mata kuliah sudah jelas apa yang menjadi tanggung jawab atas kurikulum tersebut, kedua: metode pembelajaran dengan menggunakan terminology pembelajaran yang benar, jangan sampai tertukar. Metode pembelajaran harus disesuaikan dengan rumusan capaian pembelajaran. Ketiga: pengalaman belajar yang diterima mahasiswa, keempat: kriteria penilaian dan indikator, misalnya setelah fieldtrip mahasiswa mampu membuat rancangan analog (kriteria), jika rancangan analog itu sesuai dengan kaidah yang benar maka mahasiswa tersebut bisa lulus (kriteria), sehingga mahasiswa dapat belajar secara mandiri. Dosen juga bisa mengukur capaian mengajar dari indikator tersebut atau  melalui kuis.  Dengan demikian maka setiap dosen pengampu mata kuliah bukan hanya harus memahami kurikulum yang berjalan di Program Studi atau Jurusan masing-masing tetapi juga harus berfikir kreatif untuk menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) agar lebih menarik dan inovatif agar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan tidak bosan karena perkuliahan dilakukan secara full daring (online). Disamping itu karena perkuliahan dilaksanakan secara full daring (online) maka dosen memiliki waktu untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat”, jelas Rektor.

Dr. Ir. Sapto Nisworo, S.T. dalam sambutannya mengungkapkan “Dalam penyusunan RPS Ini harus mempertimbangkan beberapa hal yaitu: Penyusunan Rencana Pembelajaran (RPS) harus berdasarkan keahlian bidang masing-masing, setiap tatap muka perkuliahan harus dapat mencapai target capaian pembelajaran yang telah ada. Dalam menghadapi masa pandemic  Corona Virus Disease (Covid-19) ini setiap Program Studi atau Jurusan harus siap menghadapi konsekuensi perubahan RPS yang terkait pelaksanaan semester gasal yang dilakukan secara full daring. Dengan cara memanfaatkan sepenuhnya aplikasi yang telah ada dan disiapkan demi terlaksananya perkuliahan tersebut. Aplikasi ini berupa sistem ELITA yang sudah di tambahkan fitur tambahan H5P, dan aplikasi konferensi jarak jauh seperti aplikasi ZOOM, google net meeting, whats up, telegram dan sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk hubungan antara dosen dan mahasiswa”, tegasnya. Ibrahim Nawawi, S.T., M.T. Selaku Wakil Dekan 1 juga mengingatkan kepada para dosen agar Dalam menyusun RPS perlu diperhatikan taksonomi bloom, untuk komponen C1 s.d C7. Target pembelajaran jangan hanya memahami, tetapi lebih rinci yaitu mengingat, memahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta (grade paling tinggi). Harapan juga memasukkan domain afektif ( dari satu pembelajaran makul ada 3 hal yang harus selalu diperhatikan yaitu knowledge, afektif dan psikomotorik. Semisal dalam diskusi kelompok, mahasiswa mampu menghargai pendapat orang lain, mampu melakukan kerjasama (pengalaman kerja)”, jelas Ibrahim.

Dalam kegiatan ini setiap dosen diwajibkan untuk mengunggah RPS pada laman simokul.untidar.ac.id.  Adapun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) memuat Nama Mata Kuliah, Capaian Pembelajaran Lulusan, Capaian Pembelajaran Mata Kuliah, Deskripsi Mata Kuliah, Jumlah Pertemuan Perkuliahan, Kemampuan Akhir yang Diharapkan, Bahan Kajian, Metode Pembelajaran, Alokasi Waktu, Pengalaman Belajar Mahasiswa, Kriteria Penilaian dan Indikator, Bobot Nilai, Referensi dan Peta Capaian Pembelajaran. (Wrt.Fibra)

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *