KEGIATAN PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU (PKKMB) ONLINE FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TIDAR 2020

MAGELANG _ Pada Hari Minggu, 30 Agustus 2020, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM FT) Universitas Tidar, selaku organisasi mahasiswa tingkat fakultas yang bertanggungjawab atas serangkaian kegiatan untuk Mahasiswa Baru, melaksanakan sebuah acara yang disebut sebagai Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 tingkat fakultas, yang setiap tahunnya rutin diadakan. PKKMB ini bertujuan agar Mahasiswa Baru dapat memiliki gambaran dasar mengenai Fakultas Teknik, sebelum akhirnya benar-benar terjun langsung dalam dunia perkuliahan, sehingga acara ini wajib diikuti oleh seluruh Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Universitas Tidar Tahun 2020. Sementara dalam era pandemic Covid-19, PKKMB kali ini dilakukan secara online melalui aplikasi Zoom.

 

Di tahun 2020 ini, Mahasiswa Baru Fakultas Teknik berjumlah 383 mahasiswa yang terdiri dari S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Mesin, dan D3 Teknik Mesin. Sementara total yang mengikuti PKKMB Online kemarin sebanyak 379 orang, dan 4 orang lainnya terkena kendala device.

PKKMB Online ini dimulai pukul 12:15 WIB bersamaan dengan registrasi Mahasiswa Baru serta pengecekan kode nama akun zoom yang digunakan. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Teknik secara bersama-sama, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan PKKMB Fakultas Teknik yang dilakukan oleh ketua BAKPK, Drs. Giri atmoko, M.Si. Dalam rangka memperkenalkan lingkungan fakultas, diputarkan video profil dari Fakultas Teknik yang dapat disaksikan oleh seluruh Mahasiswa Baru. Selanjutnya adanya pemberian materi yang berisikan seputar Fakultas Teknik dari jajaran birokrat dan juga sarana serta prasarana yang ada di Fakultas Teknik, yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ibrahim Nawawi, S.T., M.T. Mahasiswa Baru juga dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan penayangan video profil Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM FT) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Teknik (DPM FT), yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia PKKMB, Irfan Wahyu Widodo, dan penyampaian materi oleh Ketua BEM FT, Adhirafif Ihza Tajuddin, dan Ketua DPM FT, Enggar Sila Majid, mengenai organisasi tersebut mulai dari struktur organisasi hingga gambaran program kerja yang sudah dan akan dilaksanakan.

Fitur Zoom PKKMB Online 2020 kemudian dipecah menjadi 4 kelas kecil yang telah dibagi sesuai jurusannya masing-masing. Disana Mahasiswa Baru diperkenalkan mengenai ruang lingkup jurusan, penyampaian materi oleh Ketua Jurusan dan Koordinator Jurusan, serta penayangan video profil dari himpunan masing-masing jurusan dan pemberian materi dari Ketua Himpunan. Setelah selesai penyampaian materi dari jurusan, seluruh Mahasiswa Baru kemudian disatukan kembali dalam ruang Zoom utama. Acara dilanjutkan dengan pengerjaan post test pada link ELMO Untidar, seluruh Mahasiswa Baru diwajibkan untuk menjawab semua pertanyaan guna tolak ukur materi yang telah diterima oleh Mahasiswa Baru. Acara ditutup dengan sesi dokumentasi dan pengucapan jargon “Hidup Mahasiswa Teknik!” oleh seluruh panitia dan seluruh peserta kegiatan.

“Saya berharap semoga seluruh mahasiswa baru dapat melewati masa sulit sebagai mahasiswa baru di Fakultas Teknik dimasa pandemi covid19 sekarang ini. Hidup Mahasiswa Teknik!”, jelas Adhirafif selaku Ketua BEM FT 2020. Meski hanya dilakukan secara daring, namun antusiasme yang besar ditunjukan oleh para Mahasiswa Baru hingga acara PKKMB 2020 dapat terlaksana dengan lancar. Edit/Upl : By Fibra.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *