SEMINAR SERTIFIKASI KOMPETENSI TEKNIK ELEKTRO DAN PELUANG KERJA DI DUNIA INDUSTRI

Pasar kerja nasional dan internasional menuntut tersedianya tenaga-kerja yang kompeten di setiap bidang, banyak industri dan organisasi mempersyaratkan agar tenaga-kerjanya memiliki sertifikasi kompetensi yang kredibel.

seminar 2

Kompetensi kerja adalah spesifikasi dari sikap pengetahuan dan keterampilan atau keahlian serta penerapannya secara efektif dalam pekerjaan sesuai dengan standard kerja yang dipersyaratkan. Sertifikasi kompetensi adalah proses pemberian sertifikasi kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu pada standar kompetensi kerja baik yang bersifat nasional maupun internasional.

Salah satu sertifikasi kompetensi di bidang Teknik Elektro adalah dibidang ketenagalistrikan. Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 28 tahun 2014 mensyaratkan seluruh tenaga teknik ketenagalistrikan wajib memiliki sertifikat kompetensi tenaga teknik (SKTT). Sehubungan dengan hal tersebut, maka Jurusan Teknik Elektro mengadakan kuliah umum dengan tema ”Sertifikasi Kompetensi Teknik Elektro dan Peluang Kerja di Dunia Industri”. Seminar bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa Teknik Elektro pada khususnya dan sivitas akademika Universitas Tidar pada umumnya tentang pentingnya sertifikasi kompetensi dan peluangnya di dunia kerja. Seminar dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 1 Desember 2016 di Aula Universitas Tidar. Peserta seminar adalah seluruh mahasiswa Teknik Elektro dan perwakilan mahasiswa dari jurusan/program studi lain di Universitas Tidar.

seminar 3

Seminar menghadirkan pembicara Prof. Dr. Gati Gayatri (Ketua Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta dan Budi Santoso, ST, MT (Manajer PT. PLN APP Salatiga). Prof. Dr. Gati Gayatri memberikan materi tentang peluang kerja di bidang Teknik Elektro dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Budi Santoso, ST, MT memberikan materi tentang perkembangan kelistrikan di Indonesia dan peluang kerja di PT. PLN. Pada kegiatan tersebut juga dilaksanaan penandatanganan naskah kerjasama antara Universitas Tidar dengan STMM Yogyakarta.

seminar 4

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *