MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK MERAIH JUARA 1 NATIONAL UNIVERSITY DEBATING CHAMPIONSHIP TINGKAT UNIVERSITAS

Dinda Amalia dan Izzudin Abdul Faroj dari Jurusan Teknik Sipil berhasil mengharumkan nama Fakultas Teknik dengan menjuarai seleksi National University Debating Championship (NUDC) tingkat Universitas Tidar pada bulan Maret 2022. Meskipun mereka pemula, mereka berhasil medapatkan poin tertinggi, sehingga menjadi juara pertama. NUDC sendiri merupakan salah satu kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Republik Indonesia. Debat NUDC ini menggunakan sistem British Parliamentary Debate.

Berselang kurang lebih 3 tahun lalu mahasiswa Teknik Sipil berhasil mendapat Juara 1 oleh Inayatu Robani dan Binsar Raymond Sinaga, kali ini kembali mengukir sejarah dengan menjadi Juara 1 NUDC Tingkat Universitas. Dinda dan Izzudin tidak menyangka akan mendapatkan posisi ini, “kami tidak pernah terpikirkan untuk bisa menjuarai kompetesi ini, karena ini pertama kali kami mengikuti lomba debat, kami hanya berusaha maksimal, belajar mandiri, melihat contoh-contoh debat di YouTube, dan tak lupa berdoa pada yang maha kuasa agar diberi kemudahan saat kompetisi ini berlangsung.” Ujar mereka berdua ketika ditanya bagaimana mereka bisa sampai menjadi juara.

Setelah kompetisi Tingkat Universitas, selanjutnya akan ada seleksi tingkat wilayah untuk dapat mengikuti perlombaan di Tingkat Nasional. Sekarang mereka sedang sibuk latihan debat selama 1 bulan kedepan untuk mempersiapkan tim terbaik dari Universitas Tidar. Meskipun ada banyak kesibukan kuliah pada saat ini, mereka tetap bekerja keras meluangkan waktu untuk berlatih. Mengingat ini merupakan kompetesi bergengsi yang harus diperjuangkan, dan dapat memberikan manfaat serta pengalaman untuk mereka kedepannya. Dukungan moril dari dosen dan rekan mahasiswa mendorong mereka untuk semangat bersaing dengan Perguruan Tinggi lain.

(Penulis: Gugus Kemahasiswaan dan Alumni)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *