Mahasiswa Teknik Mesin UNTIDAR Bersama Taruna AKMIL Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Kalisari

Taruna Akademi Militer Tingkat II dan III dalam rangka Latihan Praja Bakti TP. 2021/2022 menyelenggarakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Niksinhan (Teknik Mesin Pertahanan) yang bersinergi dengan dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang bersama Kepala Pelaksanaan Kegiatan Kolonel Cpl Imanuel Yoram Dionisius Adoe, S.H., M.Sc, bertempat di Desa Kalisari, Tempuran, Magelang.

 

Praktik program Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut membaur dengan masyarakat Kalisari yang didampingi oleh Sri Hastuti, S.T., M.T. Dosen Prodi Teknik Mesin UNTIDAR dan  Guru Militer Prodi Niksinhan yaitu Letkol Cpl Budi Harjanto, Mayor Cpl Aryananta Lufti, Kapten Cpl Irawan, Kapten Cpl Sukahar, PNS Suparja, PNS Bambang. Mahasiswa Teknik Mesin UNTIDAR 5 orang dan Taruna Akmil 6 orang  di Kalisari melakukan pengabdian kepada masyarakat selama 5 hari (15 – 20 November 2021).

 

Implementasi dari pengabdian tersebut, berupa pelatihan pengelasan tiang lampu jalan tenaga surya, pelatihan dan praktek servis gratis sepeda motor secara parsial (membuka baut tap oli, nyemprot angin bak oli, isi oli) dan sosialisasi safety riding serta pelatihan bela negara bagi LINMAS di desa Kalisari.

 

 

Kolonel Cpl Imanuel Yoram Dionisius  Adoe, S.H., M.Sc., selaku kalakgiat pengabdian kepada masyarakat prodi Niksinhan Akmil menguraikan, “Pratek pengabdian kepada masyarakat desa Kalisari ini, merupakan wujud dari pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu suatu bentuk memberikan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik mesin pertahanan. Para Dosen Pendamping sesuai materi melaksanakan kegiatan pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat dengan memperhatikan kesesuaian antara kompetensi kepakaran dosen dengan bidang pelayanan/pengabdian. Lebih dari itu pula, kegiatan ini juga dilaksanakan dengan menyesuaikan pada program Pendidikan Akademi Militer dan dengan mengidentifikasi berbagai permasalahan yang berkembang di masyarakat sekitar desa Kalisari dan mempraktekkan ilmu teori yang diajarkan di Akmil, sehingga diharapkan dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Kalisari”.

(Penulis: Sri Hastuti)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *