MENULARKAN ILMU KELISTRIKAN PRAKTIS PADA MASYARAKAT MELALUI BAKTI SOSIAL JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS TIDAR

Magelang _ Dalam rangka mewujudkan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, Jumat dan Sabtu Tanggal 29 – 30 November 2019 Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tidar menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial berupa pemasangan Instalasi Penerangan Pada Pondok Pesantren Putra Romo Agung Payaman Secang Magelang. Kegiatan ini dihadari oleh 12 Dosen, 1 Laboran dan 19 Mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIDAR. Kegiatan ini juga melibatkan 11 warga Pondok Pesantren Putra Romo Agung. Bakti Sosial Jurusan Teknik Elektro FT UNTIDAR bertujuan untuk membangun sarana penerangan pada pondok pesantren yang terletak di tengah lahan persawahan tersebut.

Dengan bantuan warga sekitar, mahasiswa serta dosen, sarana penerangan  di Pondok Pesantren Putra Romo Agung dapat terwujud. Pada hari pertama Jumat, 29 November 2019 baksos dibuka oleh sambutan Ketua Jurusan Teknik elektro Agung Trihasto, S.T., M.Eng. Dilanjutkan kegiatan perancangan instalasi penerangan jalan yang dilakukan oleh mahasiswa beserta dosen dengan cara mensurvey secara langsung berpedoman pada rancangan yang telah dibuat. Setelah disetujui oleh warga sekitar, dimulailah pengecoran pondasi tiang lampu penerangan pada titik-titik yang telah disepakati sekaligus pemasangan tiang lampu penerangan berikut lampunya sebelum pondasi mengeras. Warga juga mendapatkan penjelasan singkat mengenai pengoperasian genset melalui praktek langsung penggunaan. Sabtu 30 November 2019 dilakukan kegiatan merapikan pemasangan kabel pada bangunan pondok sambal sekaligus mengecek apakah tiang lampu penerangan sudah terpasang dengan kuat dan kokoh. Setelah yakin tiang penerangan sudah kuat berdiri dan kokoh baru dilakukan penarikan kabel untuk tiang-tiang lampu penerangan agar tidak mengganggu kegiatan warga sekitar dan warga pondok pesantren Putra Romo Agung.

Dengan adanya sarana penerangan yang memadai tentunya menambah kenyaman dan keselamatan warga pondok dalam melakukan kegiatan hingga malam hari, serta meningkatkan hubungan baik antara civitas akademik Fakultas Teknik Universitas Tidar khususnya Jurusan Teknik Elektro dengan masyarakat sekitar, dan warga Pondok Pesantren Putra Romo Agung. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini berjalan dengan baik, lancar dan tidak megalami kendala yang berarti.   

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *