Pandemi Bukan Hambatan Untuk Meraih Prestasi Di Kompetisi Pilmapres Tahun 2020

Magelang – Di tahun 2020 ini merupakan tahun yang cukup sulit untuk semua orang, karena sejak adanya Pandemi Covid-19 segala sesuatu menjadi terhambat bahkan tertunda. Dikala pandemi saat ini, Universitas Tidar tetap mengadakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tingkat Universitas Tidar dengan mengusung tema Sustainable Development Goals (SDGs) dan Revolusi Industri 4.0. PILMAPRES tahun 2020 diadakan cukup berbeda dari PILMAPRES tahun sebelumnya, karena hampir semua rangkaian kegiatan dilakukan secara online. Mulai dari bimbingan dan pembekalan sampai persentasi juga diadakan secara online.

Walaupun hampir semua kegiatan diadakan secara online, tidak menyurutkan semangat Tegar Zuliansyah dari Program Studi Diploma III Teknik Mesin untuk meraih prestasi. Tegar mengangkat judul artikel ilmiah “Mesin Peniris Minyak Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Makanan” yang dibimbing oleh Rany Puspita Dewi, S.T., M.Eng. dan berhasil meraih Juara 2 PILMAPRES tingkat Universitas Tidar pada Kategori Diploma. Dalam judul artikel ilmiah yang diusung Tegar tersebut memuat peninkatan produk UMKM khususnya produk olahan digoreng dan proses penirisan menggunakan Mesin Peniris Minyak yang terdapat pengatur kecepatan atau speed controller sehingga dapat memaksimalkan penirisan dan meningkatkan kualitas produk.

Banyak hal-hal baru dan pengalaman baru yang Tegar dapatkan “Saya baru pertama kali ini ikut kompetisi PILMAPRES, jujur awalnya saya sedikit bingung karena hampir semua rangkaian kompetisi dilakukan secara online, dari Technical Meeting, dan sampai hari H-pun juga dilakukan secara online semua, tapi seiring waktu saya jadi belajar dan menjadi tau.” Ujar Tegar. “Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang mendukung dan membantu saya khususnya kepada Bu Rany Puspita Dosen Pembimbing Pilmapres saya, kepada  Bu Sri Hastuti, dan kepada semua teman-teman saya, terimakasih banyak atas bantuan dan supportnya. Support kalian adalah semangatku.” Lanjut Tegar.

Acara penghargaan PILMAPRES Tingkat Universitas Tidar Tahun 2020 dilaksanakan pada saat acara Inagurasi “Galadarma” Universitas Tidar Tahun 2020 pada hari Senin, tanggal 30 November 2020 di Ballroom Hotel Atria Magelang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Penghargaan diberikan langsung oleh Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd.

Ada sedikit tambahan pesan dari Tegar “Pandemi bukanlah hambatan, bukanlah penghalang, justru pandemi adalah sebuah tantangan baru untuk memulai hal yang baru, apapun yang terjadi kita harus tetap optimis, percaya diri, dan yang terpenting adalah selalu semangat. Karena kunci keberhasilan yang sesungguhnya adalah semangat kita sendiri.” Ujar Tegar di akhir percakapan.

(Edit : Endah, Upl : Fibra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *