PERDANA DILAKSANAKAN, MONEV PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA 2019, TUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MUDA DIKALANGAN MAHASISWA TEKNIK

Kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) program  mahasiswa wirausaha (PMW) Fakultas Teknik Universitas Tidar dilaksanakan pada Jumat  6 September 2019, di ruang rapat dan ruang E.02.2.8 Fakultas Teknik Universitas Tidar. Kegiatan ini merupakan bentuk pengawasan dan evaluasi program mahasiswa wirausaha (PMW). Pada kegiatan monev mahasiswa diwajibkan melaporan hasil kegiatan PMW masing-masing tim dalam waktu 3 bulan  yang disajikan dalam pemaparan dari tiap-tiap tim dan menunjukkan produk wirausahannya.

Wakil Dekan I, Ibrahim Nawawi, S.T., M.T. saat membuka acara monev (6/9/2019)

Kegiatan monev dibuka oleh Wakil Dekan I yaitu Ibrahim Nawawi, S.T., M.T. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kegiatan PMW Fakutas Teknik Tahun 2019 sudah berjalan dengan baik dan produk-produk hasil PMW sudah meningkat. “Alhamdulilah  PMW tahun ini berjalan baik dan meningkat dari tahun sebelumnya, kami berharap program mahasiswa wirausaha ini dapat melahirkan wirausaha muda dilingkungan mahasiswa teknik, program ini menstimulasi mahasiswa agar muncul jiwa enterpreneurnya, kami juga akan melakukan evaluasi dan berusaha meningkatkan jumlah program yang dapat didanai, namun tentunya juga tetap dilakukan langkah pengawasan, monev ini salah satu bentuk pengawasanya”  ucap Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan , Ibrahim Nawawi, S.T.M.T.

Kegiatan Monev ini dihadiri oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Pembimbing PMW, dan mahasiswa peserta/ tim Program Mahasiswa Wirausaha Fakultas Teknik Universitas Tidar tahun 2019. Tahun ini merupakan tahun pertama kegiatan monev dilaksanakan, ada 10 tim yang mendapatkan hibah dana PMW dan mengikuti kegiatan monev ini, judul PMW yang mengikuti monev judul sebagai berikut:

  1. “DAGURAS 3D” 3D PRINTING TIDAR SERVICE
  2. BENING VISUAL Pengembangan Jasa Fotografi Berciri Khas STOROBIST IMAGE Berbasis DIGITAL MARKETING
  3. IKAN BUSI (Inovasi Kerajinan Tangan Limbah Buah Simpalak) Sebagai Biopestisida
  4. SANTRI PARIS (Santapan Ringan Paku-pakuan Crispy) Sebagai Cemilan Sehat Masa Kini
  5. “Kingkong Skripsi” Keripik Kulit Singkong Sehat Kriyuk Pas Dihati
  6. WAJA KREASI (Wayang Jawa Kreatifitas Budaya Asli) Kaos 3D Sarana Pelestarian Wayang
  7. ECO PATRIO “Electric Cooling Pad Dari Limbah Fan Processor dan Bambu Wulung”
  8. Wirausaha Mahasiswa Mandiri “BENGKEL MUSTIBISA AUTO MOTOR” Untuk Melayani Lingkungan Kampus UNTIDAR
  9. Bisa Rakun (Briket Sampah Ramah Lingkungan) Sebagai Solusi Pengolahan Sampah Organik Menjadi Bahan Bakar Alternatif
  10. “Chocobu-Coklat Isi Jelly Lidah Buaya”.

Salah satu peserta monev sedang memaparkan produknya

Banyak peserta monev yang antusias mengikuti kegiatan ini, terbukti masing-masing peserta saling memamerkan produk wirausaha yang mereka buat. Salah satunya adalah hardono yang merupakan ketua tim PMW merasa senang dan termotivasi. “PMW ini sangat besar manfaatnya bagi mahasiswa khususnya mahasiswa teknik, jadi bisa belajar berwirausaha selagi duduk dibangku kuliah, selain itu dengan adanya monev ini menjadi sebuah motivasi bagi kami untuk menjalankan usaha ini dengan sungguh-sungguh”.

Pada Program Mahasiswa Wirausaha tahun 2020 diharapkan akan banyak ide – ide kreatif, inovatif dan terbarukan, Selain itu, bagi tim mahasiswa yang sudah menerima hibah PMW tahun 2019 diharapkan akan maju mengikuti kompetisi selajutnya di level Nasional yaitu  Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2020.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *