PHP2D HMTE UNTIDAR: Tetap Mengabdi dimasa Pandemi

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tidar melaksanakan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaaan Desa pada hari Minggu (29/11/2021). Kegiatan ini dilaksanakan di pantai Kertojayan, Grabag, Purworejo dan dihadiri Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Tidar, Pembina PHP2D HMTE Andriyatna Agung Kurniawan, S.T., M.Eng., kepala desa setempat dan warga sekitar serta anak-anak wilayah pantai Kertojayan.

Kegiatan PHP2D HMTE UNTIDAR merupakan perwujudan dari salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat melalui program kegiatan “judul PHP2D”. Harapan dari kami dengan adanya kegiatan ini dapat membekali masyarakat desa Kertojayan dengan ketrampilan pengolahan pangan udang vaname, mengajak masyarakat desa Kertojayan lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan memberikan pengetahuan akan penggunaan sumber energi baru terbarukan untuk kegiatan ekonomi di Desa Kertojayan. Tutur Pembina PHP2D HMTE Andriyatna Agung Kurniawan, S.T., M.Eng.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, Rinaldy Tyas Wibowo, menjelaskan bahwasannya kegiatan PHP2D ini adalah bentuk pengimplementasian amanat tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian sosial melalui program Kemenristekdikti yang merupakan kegiatan yang sangat ditunggu mahasiswa khususnya mereka yang tergabung dalam organisasi mahasiswa. Dalam PHP2D HMTE ini mempunyai tiga program yaitu, (1) Pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) untuk membantu petani tambak udang vaname di wilayah tersebut yang terkendala masalah biaya, karena sekali panen biaya untuk menghidupkan generator terkesan mahal sekitar 8 juta/panen. Jadi PLTB ini bisa menjadi rencana untuk mengurangi biaya penggunaan generator; (2) Pelatihan pembuatan keripik udang memanfaatkan udang hasil budidaya untuk diolah menjadi keripik yang bernilai jual tinggi; dan (3) Revitalisasi pariwisata pantai Kertojayan. Kegiatan yang dilaksanakan minggu (29/11/2021) tersebut juga mengadakan doorpize untuk anak-anak sekitar pantai Kartojayan.

Sebgai penutup, maksud tujuan kegiatan ini adalah untuk lebih mengabdi kepada masyarakat, dengan melihat potensi yang ada di dalam masyarakat, maka manfaatkanlah potensi tersebut untuk majunya masyarakat disekitar kita.

(Penulis: Rinaldy Tyas Wibowo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *