PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA FAKULTAS TEKNIK TUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA MUDA DI KALANGAN MAHASISWA TEKNIK

MAGELANG _ Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) para mahasiswa penerima hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) pada Jumat 18 September 2020 bertempat di Ruang Besar E.02.3.06 Fakultas Teknik Universitas Tidar. Kegiatan ini merupakan suatu bentuk pengawasan dan evaluasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dilaksanakan dengan memenuhi protokol kesehatan. Pada kegiatan Monev, mahasiswa diwajibkan melaporan hasil kegiatan PMW masing-masing tim selama 2 bulan dan kemudian disajikan dalam bentuk pemaparan dari tiap-tiap tim dengan menunjukkan produk wirausaha masing-masing. Monev kali ini menghadirkan 3 Reviewer untuk memonev beberapa tim mahasiswa dengan jumlah 13 tim PMW.

Wakil Dekan I, Ibrahim Nawawi, S.T., M.T. saat membuka acara monev (18/9/2020)

 

Kegiatan monev dibuka oleh Wakil Dekan I yaitu Ibrahim Nawawi, S.T., M.T. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kegiatan PMW Fakutas Teknik Tahun 2020 sudah berjalan dengan baik dan produk-produk hasil PMW sudah meningkat. “Alhamdulilah  PMW tahun ini berjalan baik dan meningkat dari tahun sebelumnya, kami berharap program mahasiswa wirausaha ini dapat melahirkan wirausaha muda dilingkungan mahasiswa teknik, program ini menstimulasi mahasiswa agar muncul jiwa enterpreneurnya, kami juga akan melakukan evaluasi dan berusaha meningkatkan jumlah program yang dapat didanai, namun tentunya juga tetap dilakukan langkah pengawasan, monev ini salah satu bentuk pengawasanya. Adapun kegiatan Monitoring dan Evaluasi PMW ini dilakukan guna memastikan usaha dari masing-masing kelompok yang dirintis telah berjalan. Kemudian mempertanggungjawabkan keuangan yang telah digunakan yaitu 70% dan merencanakan kegiatan yang akan datang. Wakil Dekan I (Bidang Akademik dan Kemahasiswaan) juga berharap melalui kegiatan PMW ini para mahasiswa dapat terfasilitasi bakat/jiwa berwirausaha yang berorientasi menjadi wirausaha yang sukses dan mandiri serta mampu menciptakan lapangan kerja” ucap Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan , Ibrahim Nawawi, S.T.M.T.

Kegiatan Monev ini dihadiri oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Dosen Pendamping PMW, Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi dan mahasiswa perwakilan tim Program Mahasiswa Wirausaha Fakultas Teknik Universitas Tidar tahun 2020. Tahun ini kegiatan monev dilaksanakan oleh 13 tim yang mendapatkan hibah dana PMW.  

Muhamad Choirul Anam peserta monev sedang memaparkan produk KERANG LASER (18/9/2020)

 Tim Reviewer Monev PMW melakukan pengecekan terhadap produk yang diciptakan. Poin-poin yang menjadi pertimbangan penting antara lain keunggulan dari produk sejenis yang ada di pasaran, bagaimana sistem penjualan produk, pengaruh inovasi produk dari hasil penjualan, pemodalan serta pengelolaan keuangan. Selain itu juga terkait pemakaian bahan baku, tenaga kerja yang dibutuhkan dalam menciptakan produk serta pengembangan usaha dalam jangka satu tahun mendatang. “ Seluruh peserta perwakilan tim PMW masing-masing sangat antusias dalam pelaksanaan Monev, karena dengan adanya monev maka kita mendapatkan saran dan kritik dari Reviewer yang dapat memberikan hal positif untuk wirausaha menjadi lebih maju dan berkembang” tutur salah satu peserta tim PMW Muhamad Choirul Anam.

 

Foto produk Program Mahasiswa Wirausaha Fakultas Teknik Tahun 2020(18/9/2020)

Pada Program Mahasiswa Wirausaha tahun 2021 diharapkan akan muncul banyak ide kreatif, inovatif dan terbarukan, Selain itu, bagi tim mahasiswa yang sudah menerima hibah PMW tahun 2020 diharapkan akan maju mengikuti kompetisi selajutnya di level Nasional yaitu  Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dan Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) Tahun 2021.

Untuk dapat melihat leaflet dan pemesanan produk PMW FT Tahun 2020 dapat membuka link berikut: http://bit.ly/produkpmwft2020

(Wrt:Endah; Upl: Fibra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *