Fakultas Teknik Adakan Sosialisasi dan Internalisasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) merupakan miniatur penerapan reformasi birokrasi di Indonesia. Pembangunan zona integritas sejatinya bertujuan untuk membangun program reformasi birokrasi sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi dan mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Tahun 2021, Fakultas Teknik mendapatkan kepercayaan sebagai pioneer pembangunan Zona Integritas di Universitas Tidar. Diharapkan nantinya akan menjadi percontohan unit kerja lainnya dalam rangka memberikan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat.

Senin 17 Mei 2021, bertempat di Ruang Pertemuan FT3, Fakultas Teknik mengadakan acara sosialisasi dan internalisasi pembangunan Zona Integritas (ZI). Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Tidar, Para Wakil Rektor, Kepala Biro, Pimpinan Unit Kerja di lingkungan Untidar dan seluruh civitas akademika Fakultas Teknik. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T., IPU. menyampaikan bahwa Fakultas Teknik berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Proses pembangunan Zona Integritas tentunya akan difokuskan pada penerapan program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat konkrit. Rektor Untidar Prof. Ir. Mukh. Arifin, M.Sc. berharap Fakultas Teknik berupaya semaksimal mungkin agar predikat WBK bisa tercapai diikuti dengan predikat WBBM. “Fakultas Teknik dipilih karena dianggap yang paling siap. Untuk mewujudkan WBK dan WBBM tentunya harus didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang tidak hanya unggul tapi juga berintegritas”, tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Tim Pembangunan Zona Integritas Fakultas Teknik menyampaikan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan kedepan. Pimpinan dan seluruh karyawan harus memiliki komitmen yang kuat serta memiliki visi dan misi yang sama. Semua pihak harus bersemangat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dalam memberikan kepuasan publik. Proses yang panjang dalam mewujudkan WBK dan WBBM harus dilalui. Namun jika predikat ini bisa dicapai pastinya akan memberikan banyak keuntungan salah satunya mendukung akreditasi institusi dan meningkatkan kredibilitas di mata masyarakat.