TINGKATKAN PELUANG PIMNAS 2020 MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK MELALUI WORKSHOP PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Program Kreativitas Mahasiswa adalah ajang besar bagi mahasiwa untuk menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk proposal ilmiah. Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tidar mempunyai minat yang tinggi dalam mengajukan Proposal PKM. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah proposal masuk dari tahun ke tahun yang semakin meningkat. Oleh karena itu, Fakultas Teknik perlu meningkatkan pentingnya upaya untuk menumbuhkan kreatifitas dan daya kompetisi Mahasiswa di tingkat Nasional khususnya PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Melalui penyelenggaraan kegiata Workshop PKM diharapkan dapat membantu Mahasiswa dalam penyusunan proposal yang baik dan benar.

Workshop PKM kali ini mengusung tema “Mahasiswa Kreatif, Inovatif, dan Berdaya Saing Unggul Menuju PIMNAS 2020” yang diselenggarakan di  Gedung Wisma Sejahtera Magelang pada hari Sabtu, 21 September 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Dosen, dan Mahasiswa Fakultas Teknik, serta Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Tidar  Menurut ketua penyelenggara, Sri Hastusti, S.T., M.T. “ Kegiatan ini selain bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada Mahasiswa Fakultas Teknik dalam penyusunan proposal PKM dengan baik dan benar, serta sebagai wadah mahasiswa dalam menyalurkan ide kreatif dan menciptakan mahasiswa berdaya saing unggul serta memotivasi mahasiswa untuk membuat inovasi-inovasi baru di era revolusi industri 4.0.”

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T. menyampaikan melalui kegiatan workshop PKM diharapkan meningkatkan semangat, ide kreativitas dan inovatif mahasiswa fakultas teknik sehingga menghasilkan proposal yang berkualitas dan kompetitif. Dalam Kegiatan Workshop ini Wakil Rektor III Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. menyampaikan “Diharapkan mahasiswa Fakultas Teknik dapat membuat proposal yang berkualitas dengan memperhatikan panduan sesuai dengan yang diterbitkan oleh Ditjen Belmawa Dikti. Selain itu mahasiswa juga harus dapat membedakan PKM Penelitian, Teknologi, Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Karsa Cipta serta PKM Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis, serta ada skema baru PKM Gagasan Futuristik Konstruktif . Sehingga ide kreatif  dan inovatif mahasiswa tepat sasaran sesuai skema PKM yang tepat dan menjadi peluang emas untuk lolos dan dapat melaju ke PIMNAS 2020”. Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi tentang penulisan proposal PKM dengan menghadirkan narasumber yaitu Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. selaku Reviewer PKM Tingkat Nasional dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dari Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS). Pada sesi terakhir kegiatan, mahasiswa diberi kesempatan untuk berkonsultasi secara langsung dengan narasumber, diharapkan melalui konsultasi dan pendampingan dalam menyusun proposal PKM, peluang lolos ke PIMNAS 2020 dapat tercapai sejalan dengan tema yang diusung dalam Workshop PKM Fakultas Teknik Universitas Tidar.

(Upl : FBR)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *