Program studi Teknik Sipil merupakan salah satu program yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Tidar (F-T UNTIDAR). Sebelum menjadi PTN UNTIDAR merupakan salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) dengan nama Universitas Tidar Magelang (UTM) yang berdiri pada tanggal 17 Juli 1979 berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah V Nomor 032/SK/Kpt/VII/1979 yang ditanda tangani oleh Drs. Wuryanto. Perubahan status UTM (PTS) menjadi UNTIDAR (PTN) berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang pendirina Universitas Tidar yang di tanda tangani oleh Presdien Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam rangka menjamin mutu pengelolaan lulusan serta pertanggung jawaban terhadap masyarakat, program studi Teknik Sipil selalu melakukan siklus penjaminan mutu internal (SPMI) secara berkala dan melakukan penjaminan mutu eksternal (SPME) melalui program studi yang dilaksanakana oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Nilai akreditasi program studi Teknik Sipil peringkat C namun demikian peningkatan mutu selalu dilakukan dengan perbaikan melalui perbaikan Standar Mutu Pendidikan Tinggi dan dokumen-dokumen program studi dan akan di upayakan melakukan reakareditasi setelah menjadi PTN dengan harapan peringkat akreditasi akan meningkat.

 Program studi Teknik Sipil memiliki  dosen tetap sebanyak 9 orang dengan (1 berijasah S3 dan 1 orang baru studi S3, 7 berijasah S2). Jabatan fungsional akademik dosen program studi teknik sipil terdiri dari Lektor Kepala 2 orang, Lektor 1 orang, Asisten Ahli 4 orang dan 2 orang yang belum memiliki jabatan fungsional. Dosen yang telah memiliki sertifikat profesional sebanyak 4 orang. Jumlah tenaga kependidikan sebagai penunjang proses pembelajar 1 orang tata usaha dan 1 orang laboran.

 Program studi Teknik Sipil merupakan salah satu cabang ilmu teknik dengan cakupan ilmu yang cukup luas, diantaranya di bidang perancangan, pembangunan, renovasi, operasi dan pemeliharaan bangunan infrastruktur, mencakup lingkungan, peningkatan kualitas hidup lingkungan masyarakat. Ilmu Teknik Sipil dikelompokkan menjadi 6 bidang keahlian yaitu : Rekayasa struktur, Rekayasa geoteknik, Rekayasa sumber daya air, Rekayasa transportasi, Manajemen konstruksi, Informatika teknik sipil dan kewirausahaan (masing-masing bidang saling mendukung). Dengan menguasai bidang keahlian tersebut diharapkan nantinya  lulusan program studi Teknik Sipil sangat fleksibel dalam menghadapi dunia kerja.

A. VISI

“Menjadi program studi Teknik Sipil yang unggul di bidang perancangan bidang konstruksi Sipil untuk mendukung pembangunan nasional dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan budaya bangsa.”

B. MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dalam bidang perancangan konstruksi Sipil.
  2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan perancangan bidang Sipil dalam rangka produksi yang diarahkan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan IPTEK yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Secara berkala mengadakan diskusi ilmiah/seminar yang meliputi bidang umum, ketekniksipilan maupun bidang keagamaan.

C. TUJUAN

– Tujuan bidang pendidikan

Tujuan bidang pendidikan adalah menghasilkan sumber daya manusia yang :

  1. mampu merancang dalam skope bidang teknik sipil;
  2. mampu bekerjasama, memiliki jiwa kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan;
  3. mampu mengembangkan potensi diri sebagai tenaga professional dibidang teknik Sipil untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;
  4. memiliki budi pekerti luhur, iman dan taqwa yang kuat;
  5. mampu mengikuti perkembangan IPTEK dalam profesinya sebagai sarjana teknik Sipil;
  6. memiliki kepedulian terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat;
  7. menguasai Bahasa Internasional sebagai bahasa kedua;
  8. mampu bersaing secara profesional.

– Tujuan bidang penelitian

Tujuan bidang penelitian adalah menghasilkan penelitian-penelitian yang berhubungan dengan pengembangan konstruksi Sipil, konversi energi dan peralatan tepat guna yang diakui ditingkat regional, nasional, dan internasional.

– Tujuan bidang pengabdian masyarakat

Tujuan bidang pengabdian kepada masyarakat adalah untuk mengimplementasikan hasil-hasil penelitian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penerapan teknologi tepat guna.

No. PROFIL DISKRIPSI
1 Tenaga ahli bidang Teknik Sipil.

 

Mampu menjadi tenaga ahli yang menyelesaikan persoalan di konsultan, kontraktor dan pengawasan bidang teknik sipil.
2 Konsultan, kontraktor dan wirausaha

 

Mampu merancang, menganalisis, mengawasi, melaksanakan  proyek teknik sipil dan mampu berwirausaha.
3 Pimpinan Proyek (Pimpro)

 

Berani mengambil resiko dan mampu mengambil keputusan berdasarkan analisis data dan informasi.
4 Peneliti bidang teknik sipil

 

Menjadi peneliti yang mampu menyelesaikan persoalan pada bidang teknik sipil.
PLT Ketua Jurusan Teknik Sipil Muhammad Amin, S.T., M.T.
PLT Sekretaris Jurusan Teknik Sipil Woro Partini Maryunani, S.T., M.T.
PLT Kepala Laboratorium Jurusan Teknik Sipil Ir. Dwi Sat Agus Yuwana, M.T.

Daftar Tenaga Pendidik Yang Ada Pada S1 Teknik Sipil

1. Dr. Ir. Bambang Surendro, M.T., M.A. bsurendro@yahoo.com
2. Ir. Ahmad Mashadi, M.Si. hadi_mas751@yahoo.com
3. Ir. Dwi Sat Agus Yuwana, M.T. dwisatagus@utm.ac.id
4. Woro Partini Maryunani, S.T., M.T. maryunani_woro@yahoo.co.id
5. Muhammad Amin, S.T., M.T. muhammadamin@untidar.ac.id
6. Anis Rakhmawati, S.T., M.T.
7. Yudhi Arnandha, S.T., M.T. yudhiarnandha@untidar.ac.id
8. Arrizka Yanuar Adipradana, S.T., M.Eng. arrizka.yanuar@untidar.ac.id
9. Evi Puspitasari, S.T., M.Sc. puspitasari.ephi@gmail.com

UPT TIK Untidar