FAKULTAS TEKNIK GELAR SEMINAR NASIONAL RISET TEKNOLOGI TERAPAN (SENASTER) KE-6

Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan (SENASTER) ke-6 berhasil digelar oleh Fakultas Teknik Universitas Tidar pada tanggal 13 September 2023. Bertempat di Gedung Kuliah Terpadu dr. H.R. Suparsono Universitas Tidar seminar ini menghadirkan pembicara yang kredibel di bidang teknik mesin dan industri

Dalam sambutannya, Damar Wicaksono, M.Eng selaku koordinator pelaksana seminar mengatakan bahwa seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang potensi teknologi yang dapat mendongkrak industi kreatif di Indonesia. “Sesuai dengan tema seminar yaitu Teknologi Potensial untuk Perkembangan Industri Kreatif Menuju Indonesia Maju, acara ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dapat memberikan solusi yang kreatif dan inovatif sesuai kebutuhan masyarakat saat ini di tengah perkembangan teknologi yang maju sangat pesat,” tambahnya dalam sambutan.

Dalam pembukaan acara, Trisma Jaya Saputra, S.T., M.T.  yang juga Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Industri UNTIDAR menyampaikan bahwa acara seminar ini sangat penting sebagai inspirasi keilmuan mahasiswa. “Terima kasih kepada mahasiswa yang mengikuti acara ini untuk menimba pengalaman dan ilmu. Ini salah satu tempat untuk menggali informasi keilmuan yang mungkin nanti bisa menjadi bekal adik-adik semua. Terlebih, para narasumber yang telah mumpuni di bidangnya, satu merupakan akademisi, satu merupakan praktisi,” katanya.

Narasumber pertama dalam seminar ini adalah Dr. Eng. Ir. Herianto, S.T., M.Eng., IPU., ASEAN Eng. Dosen dari Departemen Teknik Mesin dan Industri Universitas Gadjah Mada ini membahas tentang bagaimana perkembangan teknologi begitu pesat dan memerlukan pembelajaran yang berkelanjutan. “Ke depan apa yang diperlukan? Anda perlu tahu. Meskipun Anda belajar teknik mesin, jangan sampai Anda nggak tahu tentang elektro. Begitu juga sebaliknya. Meskipun Anda belajar teknik elektro, jangan sampai Anda nggak tahu tentang teknik mesin. Karena ke depan borderless, tidak ada batas,” tuturnya. Ia kemudian melanjutkan tentang teknik percetakan yang saat ini telah berkembang hingga percetakan tiga dimensi.

Narasumber berikutnya adalah Nova Suparmanto, S.Pd., M.Sc. CEO Astoetik Indonesia ini berbicara tentang betapa pentingnya inovasi akar rumput yang dapat diterapkan oleh masyarakat umum, khususnya sektor industri kecil dan menengah. Ia juga berbagi pengalaman pribadi saat membantu pengrajin batik tulis dengan mengembangkan kompor listrik, yang ternyata menjadi solusi yang efisien dalam proses pembuatan batik.

Nova mengatakan “Batik adalah salah satu sektor industri kreatif yang nilainya sungguh luar biasa. Batik sudah masuk dalam UNESCO World Heritage. Jadi kami melakukan kunjungan UMKM yang bergerak di bidang batik. Ternyata, masalah dari pengrajin ini, untuk memanaskan lilin untuk membatik, mereka masih menggunakan minyak tanah. Kami menemukan bahwa solusi dari hal itu yang lebih mudah adalah kompor listrik.”

Seminar yang juga diikuti oleh mahasiswa Fakultas Teknik ini diakhiri dengan paparan artikel ilmiah terbaik yang telah diseleksi oleh reviewer. Melalui seminar ini, diharapkan Fakultas Teknik Universitas Tidar dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendorong kemajuan industri kreatif Indonesia melalui teknologi terapan yang tepat guna.

Penulis : Seto, Editor : Sulis