TIM MAHASISWA PRODI TEKNIK ELEKTRO RAIH JUARA 2 KATEGORI STAND TERINDAH DALAM KEGIATAN PASAR UNTIDAR 2023

Tim Tidar Tronic (TITRON) dari Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik meraih Juara 2 Kategori Stand Terindah dalam Pekan Raya Mahasiswa dan Masyarakat Universitas Tidar (PASAR UNTIDAR) yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 16 – 17 September 2023. Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz ini merupakan kegiatan pameran produk usaha Mahasiswa Universitas Tidar, mahasiswa Perguruan Tinggi di Magelang serta UMKM di Kota dan Kabupaten Magelang.

Selain bazar UMKM, acara PASAR UNTIDAR yang bertempat di Taman Kyai Langgeng Kota Magelang ini meliputi beberapa kegiatan seperti lomba mewarnai tingkat TK, senam aerobik, drumband TK. Acara ini diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada setiap nominasi UMKM dan penampilan musik dari berbagai grup band. Acara ini diikuti oleh 100 stand usaha yang terdiri dari mahasiswa Universitas Tidar, mahasiswa Perguruan Tinggi di Magelang, UMKM Desa Mitra serta pelaku UMKM di wilayah Kota/Kabupaten Magelang.

Tim ini didampingi oleh salah satu dosen Prodi Teknik Elektro Universitas Tidar yakni Risky Via Yuliantari, M.Eng. yang juga sebagai dosen pembimbing TITRON (Tidar Tronic). Ahmad Fatihur Rahman, salah satu anggota TRITON mengungkapkan bahwa “Kami tidak menyangka akan memperoleh penghargaan ini. Tujuan awal kami mengikuti acara ini adalah untuk berlatih secara langsung dalam melaksanakan praktik wirausaha sesuai dengan bidang ilmu yang kami pelajari selama ini”. “TITRON merupakan kegiatan usaha Mahasiswa Prodi Teknik Elektro dibidang elektronik yang berawal dari kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang dilaksanakan oleh Universitas Tidar,” imbuhnya disela acara.

Produk usaha yang ditampilkan dalam stand TITRON diantaranya Racing Simulator usaha milik Aldiansyah Destio; Audio Production usaha milik Ahmad Fatihur Rahman; Jasa reparasi Laptop dan Komputer usaha milik Muhammad Sulchan Auza’i; Lampu LED usaha milik Putri Nofi Liana Nugroho beserta tim; Smart car, jasa rakit dan reparasi elektronik usaha milik Muhamad Rizky Ari Pangestu beserta tim; penyedia komponen elektronika usaha milik Muhammad Riko Setyawan beserta tim; serta beberapa produk usaha Mahasiswa Prodi Teknik Elektro lainnya. “Kami sangat senang mendapatkan penghargaan ini. Penghargaan ini menjadi motivasi kami untuk terus mengembangkan kreativitas kami dalam merintis usaha ini,” ujar Aldiansyah. Dalam kegiatan ini mahasiswa diajarkan untuk menjual dan memasarkan produk yang mereka miliki serta menjadi ajang kolaborasi antara pelaku UMKM di wilayah Kota/Kabupaten Magelang dengan mahasiswa Universitas Tidar. Berkumpulnya UMKM serta mahasiswa yang telah belajar wirausaha melalui kegiatan PASAR UNTIDAR ini dapat saling bertukar wawasan, pengetahuan dan pengalaman dengan praktisi yang lebih mumpuni dalam mengelola sebuah wirausaha.

Penulis : Risky, Editor : Seto