, ,

Prodi S1 Teknik Industri Hadirkan Manajer Enjiniring PT PLN dalam Kuliah Umum

Pada Senin, 22 April 2024 dilaksanakan kegiatan kuliah umum program studi S1 Teknik Industri di Gedung HR dr. Suparsono. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB dan dibuka oleh Ir. Trisma Jaya Saputra, S.T., M.T. selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin dna Industri Fakultas Teknik Universitas Tidar. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan harapan kepada pihak PT PLN agar dapta bekerja sama dengan Untidar.

Materi yang disampaikan oleh narasumber berjudul “OPTIMALISASI RANTAI PASOK dan SISTEM INFORMASI PEMELIHARAAN ENERGI LISTRIK PENDEKATAN TERINTEGRASI UNTUK KEHANDALAN PASOKAN ENERGI”. Eko Purwanto, S.T., M.Eng. adalah manajer enjiniring di PT PLN yang bertempat di Surabaya. Beliau memperkenalkan bagaimana listrik sampai ke kondumen dengan penjelasan yang sangat runtut dan jelas.

Eko Purwanto, S.T., M.Eng. juga mengenalkan tentang rantai pasok energi listrik. Rencana jangka Panjang merupakan dokumen yang wajib disusun oleh direksi BUMN dalam rangka penciptaan nilai dan mendukung pertumbuhan perekonomian nasional. Dalam RJP tersebut tercantum rencana penambahaan penambahan pembangkit. Rencana penambahan pembangkit baru sebesar 40,6 GW dengan pembangkit berbagai macam energi. Terutama saat ini yang dikembangkan adalah pembangkit listrik dengan energi baru terbarukan. Hal ini untuk mendukung program net zero emission yang saat ini sedang digalakkan.

Disampaikan pula strategi pengembangan pembangkit EBT untuk menjaga kestabilan pasokan listrik. PLN akan memanfaatkan sumber energi terbarukan dari energi air, panas bumi (termasuk skala kecil/modular), biofuel, angina, sinar matahari, biomassa dan sampah. Serta mendukung RE-BID (Renewable Energy Based on Industrial Development).