SELAMAT ATAS LOLOSNYA PROPOSAL PKM 5 BIDANG 2018

Kami Segenap Keluarga Besar Fakultas Teknik mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa-mahasiswi berikut ini :

 

NO NPM KETUA NAMA KETUA JURUSAN / PRODI JUDUL PROPOSAL
1 1510501011 Nur Tri Hartati & TIM TE MOCCY (More Current Detection System) pada Korsleting Listrik Berbasis Mikrokontroller dan Android
2 1510501016 Lina Anggriani & TIM TE SMART FISH POND (Kolam ikan pintar dengan pemberi pakan, pengatur suhu otomatis, dan alarm penggantian air berbasis mikrokontroller ATMega 8535 sebagai solusi kegagalan budidaya ikan lele)
3 1610502061 Choirul Anam & TIM TM ELMOS “Elderly Helath Monitor System” Sebagai Layanan Monitor Kesehatan Lansia Terintegrasi Smartphone Android Untuk Mencegah Gangguan Kesehatan Pada Lansia
4 1610502002 Erics Kharisma Danang Perdana & TIM TM “LA-PANCANG DE-MODAR CRASH” Penerapan Alat Penanam Kacang Dengan Metode Otomasi Daya Putar Crankshaft
5 1610502066 Yogie Akhmad
Syamsuddin & TIM
TM “SI EMBAH” Sistem Produksi Limbah Sisa Makanan Restoran Cepat Saji
6 1610502063 Didi Muno Irawan & TIM TM ALTABATIS : Alat Tanam Biji Jagung Semi Otomatis dengan Metode Mechanics Centrifugal Pressure Guna Meningkatkan Produktivitas Pertanian di Desa Blengorwetan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen
7 1610503029 Luthfi Sahal & TIM TS CHOPRAL : Innovation Industrial Smoke Filter Berbasis Filtrasi Dan Injeksi Sebagai Solusi Menetralisir Asap Hitam Sisa Pembakaran Dari Cerobong Pabrik Dengan Metode Memperpanjang Lintasan
8 1510503031 Heru Hariyadi & TIM TS Pengaruh Ukuran Crumb rubber mesh # 80 dan mesh # 120 ( Serbuk limbah ban Karet ) pada penambahan campuran Laston untuk Perkerasan Jalan Raya.

Atas lolosnya proposal PKM 5 bidang tahun 2018. Kami doakan semoga bisa lolos untuk tahap selanjutnya.

HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK SIPIL SUKSES GELAR KOMPETISI JEMBATAN DAN KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT SMA/SMK

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil  (HMTS) sukses menggelar Kompetisi Tingkat Nasional se-SMA/SMK pada 20 Agustus 2022. Sub kompetisi yaitu Perakitan Jembatan Balsa (LPJB) dan Karya Tulis ilmiah (LKTI) Kompetisi dilakukan secara offline di GKU dr.H.R. Suparsono Universitas Tidar.

Acara dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Sapto Nisworo, M.T., IPU., Ketua Jurusan Teknik sipil Muhammad Amin, S.T., M.T., Dosen dan Mahasiswa Teknik Sipil serta peserta kompetisi dengan guru pendamping. Ketua panitia Pramesti Clara C dan pada pembukaan dimeriahkan oleh tampilan Tari Jaipong oleh UKM Bengkel Seni.  Para Juri yang ikut terlibat dalam acara ini beberapa diantaranya  merupakan dosen UNTIDAR serta alumni UNTIDAR yang ahli  pada bidang nya yaitu : Herpindo, S.Pd., M.Hum. , Liana Shinta Dewi, M.A., Inayatu Robani, S.T., Ahmad Rafi’ud Drajat, S.Pd., M.Eng., Sandi Prabowo, S.T., dan Ali Murtopo, M.Eng.

Peserta, Finalis dan para guru pendamping  mengungkapkan sangat senang dengan dilaksanakannya acara ini hingga dapat mengenalkan mereka pada lingkungan Kampus UNTIDAR khususnya pada lingkup Fakultas Teknik ,mengembangkan bakat mereka serta banyak memberi pengalaman hingga menumbuhkan jiwa kompetisi. Para juara mendapatkan Trophy, uang pembinaan dan Sertifikat Juara.

 

Perakitan Jembatan Balsa (LPJB)

  • Juara 1 : SMA N 1 DUKUN
  • Juara 2 : SMK N 2 YOGYAKARTA
  • Juara 3 : SMK N PRINGSURAT

Karya Tulis ilmiah (LKTI)

  • Juara 1 : SMK N 2 KLATEN
  • Juara 2 : SMK N 2 KLATEN
  • Juara 3 : SMK N 2 YOGYAKARTA

Penulis : Gugus Kemahasiswaan dan Alumni

Ciptakan Produk Inovasi Kaos Bertema Kebudayaan Untuk Meningkatkan Literasi

Sejumlah mahasiswa UNTIDAR yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM –K) menciptakan produk kaos bernama Javonic sebagai media peningkatan literasi. Javonic mengusung tema kebudayaan Jawa yang meliputi Wayang Kulit, Batik Solo, Rumah Joglo, dan Candi Borobudur. Tim PKM-K yang beranggotakan lima mahasiswa yaitu Hamdan Faozi (S1 Teknik Mesin) sebagai ketua dan beranggotakan: Yoga Pratama, Laely Nafila, Risva Aprillia dan Siti Jamilatun dengan dosen pembimbing PKM-K Rany Puspita Dewi, S.T., M.Eng., IPM. Tim mengikuti pameran Karya Fakultas Teknik pada bulan Agustus 2022 guna meningkatkan penjualan dan pengenalan produk pada siswa se-Kota dan Kabupaten Magelang serta mahasiswa di Universitas Tidar. “Karena produk kaos paling sering beredar dari luar dan jarang mencerminkan nilai kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan jawa, tim PKM-K berinisiatif menciptakan kaos dengan tema kebudayaan Jawa dilengkapi QR Code yang dapat merepresentasikan cerita kebudayaan Jawa sebagai strategi untuk meningkatkan literasi” ungkap Hamdan, Ketua Tim PKM-K Javonic, Kamis (28/9)

Inovasi baru dari produk Javonic ini diharapkan mampu menjadi media literasi bagi masyarakat sekaligus generasi muda. “Integrasi dengan teknologi melalui QR Code yang dipindai dan terhubung dengan Website kami ini sebagai upaya agar masyarakat dan generasi muda dapat mempelajari kebudayaan melalui gawai dengan teknologi,” jelas Hamdan. Tim PKM-K berharap, keberhasilan ini dapat memotivasi teman-teman khusunya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tidar untuk terus belajar dan mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa di tahun yang akan datang. “Jangan takut untuk melangkah, karena jarak 1.000 mil dimulai dari satu langkah,”bebernya.

Informasi lebih lanjut terkait produk dan teknis pembelian dapat mengunjungi akun instagram resmi Javonic , yakni @javonic_ (/Wfr)

Penulis : Gugus Kemahasiswaan dan Alumni

MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK RAIH PRESTASI DAPAT APRESIASI DALAM GOLDEN EAGLE UNTIDAR

Prestasi merupakan ujung tombak pencapaian dalam suatu kompetisi/ lomba. Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tidar mendapat apresiasi dan penganugrahan prestasi dalam acara GOLDEN EAGLE UNTIDAR pada bulan Agustus 2022.

Mahasiswa Berprestasi dari Fakultas Teknik diraih oleh Ade Krisna Setiawan dari Program Studi S1 Teknik Elektro mencapai 33 prestasi yang telah diraih di Tahun 2021. Prestasi Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Sipil dengan Komunitas ELJATAR yang sering memenangkan kompetisi rancangan jembatan. Prestasi Jurusan Teknik Mesin dengan konsitensi dalam meraih hibah kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh BELMAWA. Berbagai prestasi juga diraih dari berbagai prodi di Fakultas Teknik yaitu lomba akademik mahasiswa seperti presenter seminar Nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Poster, serta lomba non akademik. Diharapakan dengan adanya apresiasi, maka mahasiswa semakin bersemangat dalam mencapai prestasi baik akademik dan non akademik di kancah local, nasional, serta internasional.

Penulis: Gugus Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik

THE TITANS JUARA 2 DALAM KOMPETISI JEMBATAN NASIONAL

Tim dengan personil Perwita Sari (1910503009), Ilham Pangestu (1710503047), dan Anisa Putri Kinanti (1910503011) dari Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Tidar tergabung dalam Tim The Titans. Tim ini megikuti kompetisi National Balsa Bridge Competition berhasil menorehkan prestasi Juara 2 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Atma Jaya dengan tema “Precision and Efficient Bridge Design Innovation”. Kompetisi ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Civil Engineering Days Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Atma Jaya yang diselenggarakan pada tanggal 20 Januari – 22 Mei 2022.

Penulis : Gugus Kemahasiswaan dan Alumni

MAHASISWA TEKNIK SIPIL RAIH PRESTASI NASIONAL BRIDGE COMPETITION

Diki Wahyudi (angkatan 2018), Ilham Pangestu (angkatan 2017), dan Dody Rizky M (angkatan 2018) tergabung dalam Tim Celestial merupakan mahasiswa Jurusan  Teknik Sipil Universitas Tidar telah berulang kali mendulang prestasi. Pada tahun 2022 mereka menorehkan meraih prestasi pada bidang rancang jembatan yaitu pada Kompetisi ITB Civil Engineering Expo (ICEE) 2022. Tim Celestial berhasil meraih Juara 1 pada kompetisi Nasional yang diselanggarakan Institut Teknologi Bandung tanggal 9 Oktober 2021 – 30 Januari 2022.

Tim Huha-Huha dari perwakilan angkatan 2021 beranggotakan yaitu Enggal Ridwan S., M. Ilham Hafidhuddin, dan Fatchiatul Munayaa berhasil meraih Juara Kategori Terunik dalam kompetisi Fondasi Balsa Bridge Competition. Kompetisi jembatan ini merupakan salah satu dari rangkaian Fondasi Days yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret pada 12 November 2021-12 Maret 2022.

Penulis: Gugus Kemahasiswaan dan Alumni

SURAT EDARAN

 

Surat edaran resmi silahkan unduh.

Pelaksanaan Semester Antara Tahun 2022

Disampaikan dengan hormat, menindaklanjuti surat plt. Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, tanggal 31 Mei 2022, perihal Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun 2022 dan surat Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Tidar, No.B/2131/UN57/PK.01.03/2022, tanggal 10 Juni 2022, perihal Pelaksanaan Semester Antara.

No Tanggal Keterangan
1 6 – 8 Juli 2022 Pegisian KRS Mahsasiswa
2 11 – 15 Juli 2022 Kegiatan Perkuliahaan (Paruh 1)
3 26 -27 Juli 2022 Ujian Tengah Semester (UTS)
4 28 Juli – 11 Agustus 2022 Kegiatan Perkuliahaan (Paruh 2)
5 12 – 13 Agustus 2022 Ujian Akhir Semester (UAS)
6 15 – Agustus 2022 Pengumuman Hasil Studi

Untuk informasi lebih lengkap dapat dibaca pada link pengumuman berikut: unduh

Maklumat Pelayanan Publik Fakultas Teknik Universitas Tidar

Dengan ini, kami berjanji akan memberikan pelayanan prima sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan, dan apabila tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

SK MAKLUMAT PELAYANAN INFORMASI PUBLIK_0001