SELAMAT ATAS LOLOSNYA PROPOSAL PKM 5 BIDANG 2018

Kami Segenap Keluarga Besar Fakultas Teknik mengucapkan selamat dan sukses kepada mahasiswa-mahasiswi berikut ini :

 

NO NPM KETUA NAMA KETUA JURUSAN / PRODI JUDUL PROPOSAL
1 1510501011 Nur Tri Hartati & TIM TE MOCCY (More Current Detection System) pada Korsleting Listrik Berbasis Mikrokontroller dan Android
2 1510501016 Lina Anggriani & TIM TE SMART FISH POND (Kolam ikan pintar dengan pemberi pakan, pengatur suhu otomatis, dan alarm penggantian air berbasis mikrokontroller ATMega 8535 sebagai solusi kegagalan budidaya ikan lele)
3 1610502061 Choirul Anam & TIM TM ELMOS “Elderly Helath Monitor System” Sebagai Layanan Monitor Kesehatan Lansia Terintegrasi Smartphone Android Untuk Mencegah Gangguan Kesehatan Pada Lansia
4 1610502002 Erics Kharisma Danang Perdana & TIM TM “LA-PANCANG DE-MODAR CRASH” Penerapan Alat Penanam Kacang Dengan Metode Otomasi Daya Putar Crankshaft
5 1610502066 Yogie Akhmad
Syamsuddin & TIM
TM “SI EMBAH” Sistem Produksi Limbah Sisa Makanan Restoran Cepat Saji
6 1610502063 Didi Muno Irawan & TIM TM ALTABATIS : Alat Tanam Biji Jagung Semi Otomatis dengan Metode Mechanics Centrifugal Pressure Guna Meningkatkan Produktivitas Pertanian di Desa Blengorwetan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen
7 1610503029 Luthfi Sahal & TIM TS CHOPRAL : Innovation Industrial Smoke Filter Berbasis Filtrasi Dan Injeksi Sebagai Solusi Menetralisir Asap Hitam Sisa Pembakaran Dari Cerobong Pabrik Dengan Metode Memperpanjang Lintasan
8 1510503031 Heru Hariyadi & TIM TS Pengaruh Ukuran Crumb rubber mesh # 80 dan mesh # 120 ( Serbuk limbah ban Karet ) pada penambahan campuran Laston untuk Perkerasan Jalan Raya.

Atas lolosnya proposal PKM 5 bidang tahun 2018. Kami doakan semoga bisa lolos untuk tahap selanjutnya.

Contoh Judul Berita TRP

isi

kemudian pilih kategori berita TRP disebelah kanan

PELATIHAN OTOMASI PLC DOSEN JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Untuk meningkatkan skill/kemampuan dosen di bidang kontrol dan instrumentasi, Jurusan Teknik Elektro Universitas Tidar mengirim perwakilan dosen untuk memperdalam ilmu Programmable Logic Control (PLC). Kegiatan ini dilakukan di PUSDIKLAT PAL Indonesia selama lima hari pada tanggal 24 – 28 Oktober 2022.

 

Keterangan foto : Ir. Ibrahim Nawawi, S.T., M.T., IPM ; Hery Teguh Setiawan, S.T., M.Eng. ; Ika Setyowati, S.T., M.Eng. ; Risky Via Yuliantari, S.Pd., M.Eng. ; Ir. Bagus Fatkhurrozi, S.T., M.T., IPM ; Andriyatna Agung Kurniawan, S.T., M.Eng., IPM ; Citra Hari Purnomo  ; Ir. Hery Sunaryo ; Hadi Suryowidarto, S.T

 

Materi yang dipelajari dalam pelatihan PLC adalah penggunaan software CX-Programmer, CX- Designer, Human Machine Interface (HMI) untuk mengatur kecepatan motor pada industri serta perakitan pada panel. Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi dosen karena materi PLC sinkron dengan perangkat yang banyak digunakan dalam industri

 

TIM TEKNIS MAHASISWA FT DALAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk membantu masyarakat dan memberikan kontribusi nyata bagi bangsa.

Salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh Dosen Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik berjudul Akuaponik Sistem Kincir sebagai Alternatif Budidaya Tanaman Sayuran di Desa Gunungpring Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang”.

Akuaponik sistem kincir merupakan model akuaponik dengan bentuk kincir. Cara kerja akuaponik sistem kincir adalah dengan meletakan kincir ditengah kolam ikan yang berisi tanaman dalam pot. Kincir digerakan oleh motor listrik atau dinamo dengan keadaan alas pot menyentuh air.

Pengabdian diketuai oleh Dr. Tri Suwarni W, S.Si., M.Si dan beranggotakan Eka Nur Jannah, S.P., M.Sc, Siti Nurul Iftitah, S.P., M.P., Risky Via Yuliantari, M.Eng, Fuad Hilmy, S.T., M.T., serta Mahasiswa Teknik Mesin yaitu Rizky Joko Setiawan, Choirul Fatikhin sebagai teknisi mekanik dan Mahasiswa Teknik Elektro yaitu Muhammad Riko Setyawan, Muhamad Khoirul Sholeh sebagai teknisi elektrik.  Teknisi mekanik bertugas mendesain dan membuat rangka kincir akuponik. Teknisi elektrik bertugas merencanakan dan memasang intalasi listrik.

Penulis : Riviyu

Luluskan Mahasiswa Batch I, 57 Mahasiswa Gerilya Batch II Siap Beri Aksi Nyata untuk Transisi Energi Indonesia

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 66.Pers.04/SJI/2022

Tanggal: 9 Februari 2022

Luluskan Mahasiswa Batch I, 57 Mahasiswa Gerilya Batch II Siap Beri Aksi Nyata untuk Transisi Energi Indonesia

Pelaksanaan program Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (Gerilya) memberikan kontribusi nyata bagi percepatan pembangkit listrik berbasis energi baru dan terbarukan. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana, pada. acara Youth Movement for G20 Energy Transition di Jakarta, Selasa (8/2).

“Ini hebat sudah ada hasilnya. Selama 6 bulan, peserta Gerilya (Batch I) berkontribusi membantu proses instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap baru lebih dari 2,3 Mega Watt Peak (MWp),” ungkap Dadan.

Dadan menambahkan, mahasiswa Program Gerilya Batch I juga telah membantu melakukan penyusunan pra studi kelayakan (pre-feasibility study) PLTS Atap dengan total kapasitas lebih dari 2 MWp, diantaranya mahasiswa Gerilya yang ditempatkan di Boyolali, Jawa Tengah, telah berkontribusi dalam instalasi dan komisioning PLTS Atap 1,7 MWp di PT Pan Brothers Boyolali.

“Ini sangat konkret. Ada program, mahasiswa dapat manfaat dari sisi pendidikan mereka dan sektor pembangkit EBT juga nambah. Jadi ada pengalaman dan hasil yang didapat mereka,” kata Dadan.

Peserta Gerilya diterjunkan langsung ke lapangan untuk melakukan team-based project (TBP) yang ditempatkan secara menyebar di 13 perusahaan yang bergerak di bidang PLTS. Selama TBP, mereka ditugaskan untuk menyelesaikan empat output, yaitu pre-FS PLTS Atap eksisting, survei ketertarikan pasar, merancang strategi bisnis, dan penyusunan proposal teknis dan komersial. Sebelum menjalankan TBP, peserta Gerilya sendiri telah mendapatkan pembekalan materi (course) PLTS dari pengajar serta didampingi mentor profesional.

Setelah sukses diikuti oleh 52 mahasiswa dari 21 kampus di seluruh Indonesia pada Batch I, Kementerian ESDM berhasil menjaring sebanyak 57 mahasiswa dari 29 kampus. Pada pelaksanaan kali ini, Program Gerilya akan mengubah periode pembelajaran dari 3 bulan course, 3 bulan TBP menjadi 2 bulan course, 4 bulan TBP. Mereka juga mengikuti ujian sertifikasi kompetensi di PPSDM KEBTKE sebagai bukti keahlian dalam pengembangan energi surya.

Pada kesempatan tersebut terdapat pula acara inagurasi penutupan program Gerilya Batch I yang ditandai dengan pengumuman lima gerilyawan yang memperoleh predikat terbaik. Adapun kelima lulusan terbaik adalah

1. M. Irvan Fauzi dari Institut Teknologi Bandung

2. Luthfian Ramdhan dari Universitas Tidar

3. Kavlin Panjaitan dari Universitas Udayana

4. Singgih Jalu A dari Universitas Diponegoro

5. Jason Harnowo dari Institut Teknologi Bandung

Setelah inagurasi penutupan Gerilya Batch I, acara kemudian dilanjutkan dengan welcoming program Gerilya Batch II, yang akan dilaksanakan pada bulan Februari – Juli 2022.

Sebagai informasi, Gerilya merupakan studi independen yang disiapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk diimplementasikan pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Gerilya ditujukan bagi mahasiswa eksakta minimal semester-5 untuk mengikuti studi independen yang setara dengan 10-20 SKS (tergantung persetujuan Universitas). Metode pembelajaran sendiri dibagi menjadi dua, yaitu course dan team-based project (TBP) dimana dalam TBP peserta Gerilya terjun langsung ke perusahaan yang bergerak di bidang PLTS untuk mempraktikan, mengoperasikan, memelihara, serta mengatasi permasalahan ketika ada peristiwa yang mengganggu fungsi kerja PLTS Atap. (NA)

Sumber Berita: https://ebtke.esdm.go.id/post/2022/02/09/3079/luluskan.mahasiswa.batch.i.57.mahasiswa.gerilya.batch.ii.siap.beri.aksi.nyata.untuk.transisi.energi.indonesia

Surat Edaran Rektor Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022

Surat Edaran Rektor Nomor: 120/UN57/SE/D1.04.01/2021 tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas pada semester genap tahun akademik 2021/2022.

  • Dokumen dapat diunduh pada link berikut: Unduh

Pengumuman Rekrutmen Asisten Praktikum Semester Genap 2021/2022

  • Dokumen pengumuman : unduh
  • Pendaftaran : Link

Inovasi Permen Ternak Otomatis Berbasis Pneumatik – Kolaborasi Faperta dan FT Universitas Tidar

Dosen dan mahasiswa Teknik Mesin (S1), Universitas Tidar kembali membuat inovasi. Kali ini berupa mesin pembuat permen ternak otomatis berbasis pneumatik. Inovasi tersebut terlaksana berkat adanya kolaborasi dengan Tim Dosen dan Mahasiswa Program Studi (S1) Peternakan, Fakultas Pertanian yang diketuai oleh Nur Hidayah, S.Pt., M.Si. (Dosen Faperta). Inovasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas pembuatan permen ternak yang selama ini dibuat menggunakan mesin manual.

Gambar 1. Nur Hidayah, S.Pt., M.Si. dan Salah Satu Warga sedang Praktik Membuat Permen Ternak

Proses pembuatan permen ternak manual, langkah pertamanya harus dituang dulu bahan bakunya di cetakan permen. Kemudian, tuas diputar hingga menekan permen tersebut hingga padat. Setelah dirasa padat, tuas diputar kembali ke atas, lalu dibuka cetakan permen tersebut dan permen bisa diambil.

Sementara jika menggunakan mesin pres yang berbasis pneumatik, tenaga yang digunakan adalah dengan memanfaatkan udara bertekanan, bukan lagi dengan tenaga manusia. Mesin otomatis yang berbasis pneumatik tersebut menggunakan tiga buah double acting cylinder yang dirangkai sedemikian rupa sehingga kita hanya perlu menekan satu tombol untuk menjalankannya. Setelah itu, mesin tersebut mencetak permen ternak secara otomatis.

“Secara teoritis, dengan menggunakan mesin permen otomatis berbasis pneumatik ini, sebuah permen ternak bisa dibuat hanya dalam waktu 7 hingga 10 detik, dan bisa berjalan secara terus-menerus hingga,” jelas Ikhwan Taufik, S.Pd., M.Eng., Dosen Teknik Mesin (S1).

Gambar 2. Ikhwan Taufik, S.Pd., M.Eng. Bersama Tim Mahasiswa Sedang Menjelaskan Prinsip Kerja dan Cara Mengoperasikan Mesin Permen Otomatis Berbasis Pneumatik

Hasil inovasi dan kolaborasi dua fakultas tersebut dikenalkan kepada 30 peternak dari gabungan kelompok tani ternak Argo Kencono, Desa Wisata Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang pada Jumat (10/12) lalu. Kegiatan yang didanai dari Program Kemitraan Masyarakat KEMENRISTEK DIKTI tahun 2021 ini juga dihadiri oleh Penyuluh Lapangan Setempat dan perwakilan Dinas Peternakan Perikanan Kabupaten Magelang.

Kegiatan tersebut dimulai dengan sosialisasi teknis dan formula dalam membuat permen ternak dengan memanfaatkan bahan pakan lokal baik dari limbah pertanian, perkebunan atau hasil-hasil usaha yang ada di lokasi setempat. Langkah selanjutnya adalah melakukan praktik pembuatan permen bersama para peternak secara langsung. Setelah jadi, permen langsung diujicobakan pada ternak kambing perah yang ada di sana. Permen Ternak merupakan pakan tambahan (suplemen) untuk ternak ruminansia (sapi, kerbau, domba, dan kambing) yang dibuat dari bahan baku sumber karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang diolah sedemikian rupa sehingga berbentuk padat dan keras. Permen ternak merupakan teknologi suplementasi pakan penguat, mineral, dan bisa ditambahkan jamu herbal.

Gambar 3. Penyuluhan oleh Tim Dosen Universitas Tidar

Produk permen ternak ini bentuknya praktis dan telah terbukti dapat meningkatkan produktifitas dan status kesehatan ternak (Suharti dan Hidayah, 2015). Selain itu, pembuatan produk permen dan aplikasinya pada ternak diharapkan dapat dijadikan dalam paket wisata integrated farming di bagian peternakan, sehingga produk yang ditawarkan lebih menarik dan bervariasi serta akan menjadi menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung Desa Wisata Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Gambar 4. Mahasiswa sebagai Tim Pendukung Kegiatan

Mahasiswa Teknik Mesin UNTIDAR Bersama Taruna AKMIL Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Kalisari

Taruna Akademi Militer Tingkat II dan III dalam rangka Latihan Praja Bakti TP. 2021/2022 menyelenggarakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Niksinhan (Teknik Mesin Pertahanan) yang bersinergi dengan dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Tidar (UNTIDAR) Magelang bersama Kepala Pelaksanaan Kegiatan Kolonel Cpl Imanuel Yoram Dionisius Adoe, S.H., M.Sc, bertempat di Desa Kalisari, Tempuran, Magelang.

 

Praktik program Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut membaur dengan masyarakat Kalisari yang didampingi oleh Sri Hastuti, S.T., M.T. Dosen Prodi Teknik Mesin UNTIDAR dan  Guru Militer Prodi Niksinhan yaitu Letkol Cpl Budi Harjanto, Mayor Cpl Aryananta Lufti, Kapten Cpl Irawan, Kapten Cpl Sukahar, PNS Suparja, PNS Bambang. Mahasiswa Teknik Mesin UNTIDAR 5 orang dan Taruna Akmil 6 orang  di Kalisari melakukan pengabdian kepada masyarakat selama 5 hari (15 – 20 November 2021).

 

Implementasi dari pengabdian tersebut, berupa pelatihan pengelasan tiang lampu jalan tenaga surya, pelatihan dan praktek servis gratis sepeda motor secara parsial (membuka baut tap oli, nyemprot angin bak oli, isi oli) dan sosialisasi safety riding serta pelatihan bela negara bagi LINMAS di desa Kalisari.

 

 

Kolonel Cpl Imanuel Yoram Dionisius  Adoe, S.H., M.Sc., selaku kalakgiat pengabdian kepada masyarakat prodi Niksinhan Akmil menguraikan, “Pratek pengabdian kepada masyarakat desa Kalisari ini, merupakan wujud dari pengaplikasian Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu suatu bentuk memberikan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik mesin pertahanan. Para Dosen Pendamping sesuai materi melaksanakan kegiatan pelayanan/ pengabdian kepada masyarakat dengan memperhatikan kesesuaian antara kompetensi kepakaran dosen dengan bidang pelayanan/pengabdian. Lebih dari itu pula, kegiatan ini juga dilaksanakan dengan menyesuaikan pada program Pendidikan Akademi Militer dan dengan mengidentifikasi berbagai permasalahan yang berkembang di masyarakat sekitar desa Kalisari dan mempraktekkan ilmu teori yang diajarkan di Akmil, sehingga diharapkan dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Kalisari”.

(Penulis: Sri Hastuti)

Mahasiswa Teknik Mesin UNTIDAR Adakan Service Murah Kendaraan Sepeda Motor

Kebutuhan dalam menggunakan kendaraan sepeda motor  oleh masyarakat umum pada saat ini merupakan akomodasi utama dikarenakan sangat efisien dalam waktu tempuh perjalanan dan memerlukan perawatan secara berkala agar kendaraan tetap optimal.

Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar (HMM FT-UNTIDAR) memberikan solusi tepat bagi mahasiswa Universitas Tidar dan masyarakat umum yang akan melakukan perawatan kendaraan roda dua pada  kegiatan SERVIS MURAH dengan tema “Servis MANTEP (Aman & Terpercaya)”. Konsep pelaksanaan kegiatan ini yaitu dilaksanakan selama 2 hari yaitu 3-4 November 2021 dengan lokasi di lingkungan Kampus Universitas Tidar.

Bagi pemilik sepeda motor merk Honda dan Yamaha yang ingin melakukan servis cukup datang ke lokasi kegiatan kemudian melakukan registrasi terlebih dahulu dan juga dapat melakukan registrasi secara online. HMM FT-UNTIDAR dalam kegiatan Service Murah bekerjasama dengan PT. Armada Tunas Jaya Magelang dan Yamaha Sumber Baru Motor Magelang dalam melakukan pelayanan servis kendaraan. Sistem antar jemput sepeda motor mempermudah pelanggan dengan menghubungi panitia untuk mengambil kendaraannya dan akan diantarkan kembali jika sudah selesai proses service.

Peserta Service Mantep mencapai 72 sepeda motor baik dari mahasiswa, Dosen, dan Masyarakat Umum. “Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa dapar bersinergi dengan masyarakat umum dan mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi” ungkap ketua pelaksana Dwi Istiarno.

(Penulis: Sri Hastuti)

PHP2D HMTE UNTIDAR: Tetap Mengabdi dimasa Pandemi

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tidar melaksanakan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaaan Desa pada hari Minggu (29/11/2021). Kegiatan ini dilaksanakan di pantai Kertojayan, Grabag, Purworejo dan dihadiri Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Tidar, Pembina PHP2D HMTE Andriyatna Agung Kurniawan, S.T., M.Eng., kepala desa setempat dan warga sekitar serta anak-anak wilayah pantai Kertojayan.

Kegiatan PHP2D HMTE UNTIDAR merupakan perwujudan dari salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat melalui program kegiatan “judul PHP2D”. Harapan dari kami dengan adanya kegiatan ini dapat membekali masyarakat desa Kertojayan dengan ketrampilan pengolahan pangan udang vaname, mengajak masyarakat desa Kertojayan lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan memberikan pengetahuan akan penggunaan sumber energi baru terbarukan untuk kegiatan ekonomi di Desa Kertojayan. Tutur Pembina PHP2D HMTE Andriyatna Agung Kurniawan, S.T., M.Eng.

Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro, Rinaldy Tyas Wibowo, menjelaskan bahwasannya kegiatan PHP2D ini adalah bentuk pengimplementasian amanat tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian sosial melalui program Kemenristekdikti yang merupakan kegiatan yang sangat ditunggu mahasiswa khususnya mereka yang tergabung dalam organisasi mahasiswa. Dalam PHP2D HMTE ini mempunyai tiga program yaitu, (1) Pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) untuk membantu petani tambak udang vaname di wilayah tersebut yang terkendala masalah biaya, karena sekali panen biaya untuk menghidupkan generator terkesan mahal sekitar 8 juta/panen. Jadi PLTB ini bisa menjadi rencana untuk mengurangi biaya penggunaan generator; (2) Pelatihan pembuatan keripik udang memanfaatkan udang hasil budidaya untuk diolah menjadi keripik yang bernilai jual tinggi; dan (3) Revitalisasi pariwisata pantai Kertojayan. Kegiatan yang dilaksanakan minggu (29/11/2021) tersebut juga mengadakan doorpize untuk anak-anak sekitar pantai Kartojayan.

Sebgai penutup, maksud tujuan kegiatan ini adalah untuk lebih mengabdi kepada masyarakat, dengan melihat potensi yang ada di dalam masyarakat, maka manfaatkanlah potensi tersebut untuk majunya masyarakat disekitar kita.

(Penulis: Rinaldy Tyas Wibowo)