Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tidar Lakukan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Program Magang Industri

Setelah berjalan selama 3 bulan, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tidar melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Program Magang Industri. Untuk kesempatan kali ini kegiatan monitoring dan evaluasi dilaksanakan pada PT. PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Bekasi.

Monitoring dan evaluasi dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting pada tanggal 27 Oktober 2023. Hadir dalam acara tersebut adalah Bapak Eko Warsono selaku Manajer Konstruksi UPT Bekasi yang didampingi oleh Bapak Evando serta Bapak Esa Aditama. Sedangkan dari Jurusan Teknik Elektro dihadiri oleh Ketua Jurusan yaitu Ibu Ir. Deria Pravitasari, S.T., M.Eng., IPM., Sekretaris Jurusan Ibu Ir. Ika Setyowati, S.T., M.Eng., Koordinator Program Studi S1 Teknik Elektro Bapak Dwi Novianto, S.Pd., M.Eng. serta Kepala Laboratorium Jurusan Teknik Elektro Bapak Ir. Andriyatna Agung Kurniawan, S.T., M.Eng. Adapun mahasiswa peserta magang adalah Aryo Rivanto dan Rizky Andrean Sianturi.

Pelaksanaan magang di UPT Bekasi secara umum berjalan dengan lancar. “Mahasiswa dapat beradaptasi dan melaksanakan apa yang direncanakan baik oleh kampus maupun oleh UPT Bekasi”, ujar Eko Wasono. Beliau juga menuturkan bahwa mahasiswa juga terlibat aktif dalam kegiatan rutin UPT Bekasi sesuai dengan porsinya masing-masing. “Kami berharap mahasiswa dapat memperoleh ilmu ketenagalistrikan sesuai dengan bidang kerja UPT Bekasi secara langsung dengan praktik di lapangan”, pungkasnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan UPT Bekasi dalam menerima mahasiswa dari Jurusan Teknik Elektro. Kami harap mahasiswa dapat memperoleh ilmu dalam ketenagalistrikan. Dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di kampus dan mengaplikasikan dalam dunia kerja”, tutur Deria Pravitasari. “Untuk proses konversi nilai yang akan diberikan kepada mahasiswa akan dibicarakan lebih lanjut secara langsung oleh Jurusan Teknik Elektro dan UPT Bekasi karena hingga saat ini kedua belah pihak belum terikat kerja sama terkait MBKM yang menaungi program magang ini”, imbuhnya.

UPT Bekasi adalah salah satu bagian dari PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah (UIT JBT) dengan cakupan wilayah kerja meliputi Kabupaten dan Kota Bekasi, serta sebagian Kabupaten Karawang. Adapun UPT Bekasi bertanggungjawab melakukan pengelolaan di bidang pemeliharaan transmisi, gardu induk dan sistem proteksi termasuk memastikan keandalan pasokan listrik sistem 70 KV, 150 KV maupun 500 KV. Selain itu, UPT Bekasi juga memiliki 8 pelanggan Konsumen Tegangan Tinggi, serta 7 Produsen Oksigen yang listriknya dipasok dari GI/GITET di wilayah UPT Bekasi.

Penulis: Seto Editor: Sulis