TIM MAHASISWA PRODI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS TIDAR JUARA 3 LOMBA INOVASI MAHASISWA TINGKAT NASIONAL TAHUN 2023

Lomba Inovasi Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2023 yang di selenggarakan Universitas Tidar mengusung tema “Mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui Karya dan Inovasi Teknologi Tepat Guna” dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2023. Lomba Inovasi Mahasiswa ini dikategorikan berdasarkan lima bidang focus yang diantaranya adalah bidang pangan; Kesehatan; Sosial, Ekonomi, dan Transportasi; Energi dan Rekayasa Keteknikan; Kemaritiman, Pertahanan dan Keamanan.

Proses pelaksanaan kegiatan Lomba Inovasi Mahasiswa dimulai pada Bulan Oktober dengan seleksi kelengkapan administrasi dan seleksi substansi sesuai kategori bidang yang telah ditetapkan. Peserta yang memenuhi syarat dan ketentuan akan dinyatakan sebagai Finalis. Peserta yang dinyatakan sebagai Finalis diundang untuk memaparkan gagasan yang di ajukan secara Offline di Universitas Tidar.

Lomba Inovasi Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2023 diikuti oleh 104 tim dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Beberapa Perguruan Tinggi yang dinyatakan sebagai Finalis Lomba dalam lima kategori diantaranya adalah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Syiah Kuala, Universitas Tidar, Universitas Sumatera Utara Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Negeri Malang, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Lampung.

Salah satu tim Finalis dalam Kategori Energi Dan Rekayasa Keteknikan adalah Mahasiswa Prodi Teknik Elektro Universitas Tidar yang diwakili oleh Dimas Bagus Rozak Shofawi, Ahmad Anwar Hidayat, Ageng Rizkianto, Muhamad Rizal, dan Haqrodji Prabu Yasya. Dimas dan tim mengusulkan inovasi berkaitan Energi Baru Terbarukan dengan mengembangkan teknologi piezoelektrik  yang menghasilkan listrik dari energi mekanik yang ada di lingkungan, seperti tekanan, getaran, dan deformasi sebagai pembangkit listrik berskala mikro. Berdasarkan inovasi yang diajukan tersebut, tim Mahasiswa Prodi Teknik Elektro Universitas Tidar meraih Juara 3 kategori Energi Dan Rekayasa Keteknikan.

Dimas dan tim berpendapat “Ubin JEJAK cocok di aplikasikan pada ruang public karena memiliki potensi untuk menghasilkan medan listrik yang besar. Jika dalam satu ruang public di instal 20 ubin JEJAK, maka akan dihasilkan tegangan sebesar 82,6 V sebagai outputnya”

Penulis : R Via Yuliantari Editor : Janur