Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Lakukan Monitoring dan Evaluai Pelaksanaan Program Magang

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik kembali melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan magang industri yang dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 14 November 2023 dilaksanakan di beberapa perusahaan yang terdapat pada Kawasan Industri Mitrakarawang di Kabupaten Karawang serta Kawasan Industri EJIP Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Perusahaan yang dikunjungi pertama kali adalah PT. Nichirin Indonesia yang berada di Kawasan Industri Mitrakarawang. Terdapat 2 orang mahasiswa yang melaksanakan magang di perusahaan ini yaitu Fadlan Kemal Pasha dan Zulfikar Toha Saputra. Perusahaan berikutnya adalah PT. Chemco Harapan Nusantara yang juga berada pada Kawasan Industri Mitrakarawang. pada perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan komponen otomotif ini terdapat 5 mahasiswa yaitu Maulana Yusuf Samudra Adji Nugraha, Ewaldo Gavra Jumpon, Rakha Allaam Fadhlurohman, Rian Oktavianto serta Adika Maryanto. Perusahaan terakhir yang dikunjungi adalah PT Aisin Indonesia dimana terdapat 3 mahasiswa yakni Imam Khoiri, Muhammad Riko Setyawan, dan Robi Ardiansyah.

Kegiatan ini monitoring dan evaluasi ini dilaksanakan oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro Ir. Deria Pravitasari, S.T., M.Eng., IPM , Sekretaris Jurusan Teknik Elektro Ir. Ika Setyowati, S.T., M.Eng. serta didampingi secara langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Tidar Prof. Dr. Ir. Gito Sugiyanto, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. ”Tujuan monev ini adalah untuk megetahui sejauh mana pelaksanaan program magang industri Jurusan Teknik Elektro. Apakah sesuai yang diharapkan atau belum, apakah memberikan manfaat bagi kedua belah pihak atau belum”, ujar Deria Pravitasari. “Banyak catatan dan masukan yang telah kita peroleh dari perusahaan dan mahasiswa yang dapat kita jadikan bahan perbaikan pada program yang sama dimasa mendatang”, tambahnya.

“Melalui monev ini kita ingin tahu apakah program magang ini berjalan seperti yang direncanakan. Kita ingin mahasiswa memperoleh manfaat dari program ini, dapat menambah kompetensi serta merasakan secara langsung seperti apa dunia industri yang sebenarnya”, papar Gito Sugiyanto. “Selain menjadi lokasi magang, perusahaan yang telah bekerjasama dengan Fakultas Teknik ini dapat dijadikan lokasi penelitian baik oleh mahasiswa maupun dosen. Kami juga berharap perusahaan-perusahaan ini dapat menyerap tenaga kerja lulusan dari Fakultas Teknik”, imbuh Dekan Fakultas Teknik Universitas Tidar ini.

Program magang industri ini adalah salah satu implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dalam program ini, mahasiswa melakukan magang di luar kampus selama satu semester. Pada akhir magang, perusahaan memberikan nilai terhadap mahasiswa seperti yang telah disepakati oleh jurusan dan perusahaan. Nilai ini dapat dikonversi menjadi nilai mata kuliah yang relevan dan dicantumkan dalam transkrip nilai.

Penulis: Seto Editor: Sulis