Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar Sukses Gelar Meuforia Tech Expo

Dengan mengusung tema Future Technological Innovation, Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar berhasil menggelar pameran teknologi hasil karya mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar. Acara berjudul Meuforia Tech Expoini sebagai bentuk peringatan hari ulang tahun ke-11 Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar.

Bertempat di Gedung Kuliah Umum dr. H.R. Suparsono Universitas Tidar pada 15 November 2023, Meuforia Tech Expo berhasil merangsang mahasiswa untuk menampilkan inovasi di berbagai bidang seperti di antaranya alat pendeteksi kekeruhan air, sistem irigasi berbasis Internet of Things (IoT), hingga polisi tidur penghasil energi listrik berbasis piezoelektrik. Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta, akan dilakukan penilaian oleh para pengunjung pameran. Hasil penilaian ini akan digunakan untuk menetukan juara dalam pameran kali ini.

Dr. Sigit Iswahyudi M.T. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Teknik menuturkan, saat ini Universitas Tidar menerapkan metode Q-STARR (Quality, Synergy, Acceleration, Relevancy,  dan Reputation) untuk peningkatan Universitas Tidar dalam segala aspek. “Dalam melaksanakan unsur pendidikan yang dipandu dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi, terutama yang berkaitan dengan kualitas lulusan. Lulusan diharapkan menjadi profesional, wirausaha, atau melanjutkan ke tingkat S2. Lulusan berkualitas perlu usaha yang dilakukan, salah satunya mengusahakan karakter TIDAR (Tangguh, Integratif, Dedikatif, Aktif, dan Responsif) dalam diri mahasiswa,” tuturnya.

Turut hadir dalam acara pameran ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Ainur Rojik, S.Pd. yang juga mewakili mewakili Plt. Gubernur Jawa Tengah sebagai pembuka kegiatan ini.  “Tema yang diusung pada pameran ini terasa sangat pas, terlebih pandemi yang terjadi beberapa waktu lalu seolah memaksa masyarakat dunia untuk berinovasi agar mencukupi kebutuhan di tengah keterbatasan pandemi. Acara ini tak hanya menjadi ajang pameran karya teknologi buatan mahasiswa UNTIDAR, tetapi juga sebagai sarana pengenalan perkembangan teknologi baik kepada mahasiswa maupun masyarakat luas,” tutur beliau dalam sambutan. Ainur Rojik, S.Pd. juga berharap hasil karya dan inovasi mahasiswa dapat memberikan kontribusi dalam menjawab kebutuhan masyarakat. Di sisi lain, perguruan tinggi juga dituntut turut mendukung keahlian dan kreatifitas mahasiswa untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Penulis: Seto Editor: Sulis