Tim Eljatar Raih Juara Irrigation Innovation Contest

Tim Eljatar (Elang Baja UNTIDAR) dari Jurusan Teknik Sipil kembali menorehkan prestasi membanggakan bagi Fakultas Teknik Universitas Tidar. Mengikuti kegiatan Action of Civil Engineering 2023 di Universitas Tanjungpura, Tim Eljatar berhasil meraih Juara 2 Irrigation Innovation Contest. Pengumuman pemenang ini diumumkan pada 13 November 2023.

Tim Eljatar dengan julukan Brahma ini terdiri dari Muhammad Ilham Hafidhuddin (angkatan 2021), Julian Putra Rukmana (angkatan 2021), dan Pingky Rizka Febriyanti (angkatan 2021). Membawa inovasi baru dalam sistem irigasi pada lahan gambut, Tim Eljatar Brahma mengangkat nilai-nilai kearifan lokal dalam konsep yang diajukan.

“Kami mengangkat nilai-nilai kebudayaan di Indonesia yang dapat diaplikasikan dalam sistem irigasi. Kami terinspirasi dari tameng talawang, talawang adalah perisai khas suku dayak yang berdiam di pulau kalimantan”, ungkap Ilham selaku ketua tim. “Selain menerapkan bentuk tameng talawang dalam skema irigasi, secara khusus kami menamakan sistem irigasi ini Irigasi Talawang”, tambahnya.

“Kami juga menerapkan sistem paludikultur dalam sistem irigasi ini. Paludikultur merupakan salah satu metode budidaya di lahan gambut, tanpa mengubah kondisi asli lahan gambut. Sistem ini banyak digunakan oleh masyarakat pada zaman dahulu, namun beberapa waktu terakhir ini paludikultur sudah mulai terlupakan dan tidak digunakan lagi”, ungkap Arrizka Yanuar selaku dosen pembimbing.

Proses penilaian lomba ini berdasarkan pada teknik penulisan, kecakapan dalam presentasi pemaparan di depan juri, inovasi, pemodelan 3D (3 dimensi) dan perhitungan perencanaan irigasi. Teknologi irigasi ini harus sesuai dan tepat guna yang akan diterapkan pada lahan yang didominasi oleh rawa seperti yang terdapat pada sebagian besar lahan di Kalimantan Barat.

Penulis: Seto Editor: Sulis