KULIAH KUNJUNGAN INDUSTRI TEKNIK ELEKTRO 2016 DI PT. PJB – PLTU UP GRESIK, PT. COCA-COLA AMATIL SURABAYA DAN BALI TV DENPASAR

MAGELANG – KKL (Kuliah Kerja Lapangan) adalah kegiatan akademik tahunan yang dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tidar. Kegiatan tersebut diharapkan memberikan gambaran terkait tentang dunia kerja Teknik Elektro khususnya dan Keteknikan umumnya.IMG_8706(2)

Pra dan KKL Teknik Elektro 2016 Senin – Jumat (08 – 12/08), mahasiswa Teknik Elektro Untidar angkatan 2014 dan 2015 mengunjungi perusahaan di Jawa Timur – Bali. Mahasiswa dan dosen (126 orang) menuju tempat kunjungan dengan bus yang berjumlah 3 buah. Kunjungan pertama di PT. PJB – PLTU UP Gresik, PT. Coca-Cola Amatil Surabaya dan Bali TV, Denpasar.

  1. PJB – PLTU UP Gresik merupakan Perusahaan Penyedia Layanan Listrik dengan Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang berpusat di Gresik. Ketika kunjungan, mahasiswa dan dosen menjadi peserta seminar di Auditorium PT. PJB – PLTU UP Gresik dengan beberapa materi yang dibawakan oleh narasumber Agus, Amd—Beliau adalah teknisi dari PT. PJB – PLTU UP Gresik. Materi yang disampaikan di antaranya adalah tentang profil perusahaan, sistem produksi PLTU UP Gresik dan beberapa pertanyaan hingga mengenai profit perusahaan. Selain itu, mahasiswa diajak berkeliling perusahaan dengan menggunakan bus tur wisata agar mengetahui sedikitnya tentang PT. PJB – PLTU UP Gresik lebih dekat.DSC_0019(2)
  2. Coca-Cola Amatil Surabaya merupakan Perusahaan di bidang minuman ringan dengan produk utama adalah minuman berkarbonasi, produknya antara lain adalah Sprite, Coca-cola, Fanta, Frestea, Minute Maid Pulpy, Nutriboost, Ades dan Aquarius. Selain bertindak sebagai produsen dan distributor, Perusahaan Coca-cola Amatil juga memasarkan dan menjual produk Coca-cola melalui lebih dari 120 pusat penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia. Semua proses produksi di Perusahaan Coca-cola Amatil Surabaya, sejak pembuatan botol, pembersihan botol, pembuatan isi minuman hingga pengepakan produk menggunakan sistem kendali dan kontrol otomatis. Hal ini dapat dikatakan bahwa PT. Coca-cola Amatil baik di Surabaya atau pun yang lainnya, membutuhkan karyawan yang tidak cukup banyak._MG_8801(2)

Bali TV adalah Perusahaan yang berkembang di bidang penyiaran dengan sub perusahaan yaitu radio, televisi dan media cetak. Bali TV adalah perusahaan penyiaran terbesar di Provinsi Bali. Melalui kunjungan ini, mahasiswa sedikitnya paham bagaimana sistem penyiaran, ruang-ruang penyiaran hingga hubungan bidang penyiaran dengan Teknik Elektro.DSC_0274(2)

Tidak hanya sekedar hal-hal tersebut yang didapat oleh para mahasiswa, diharapkan mahasiswa dapat serius menempuh keilmuan tentang Teknik Elektro hingga lulus dan memiliki pekerjaan yang sesuai serta bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat dengan pandangan yang telah ada di masing-masing Perusahaan yang berkembang dengan beberapa tenaga kerja adalah lulusan Teknik Elektro.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *