Jumat, 26 November 2021 dilakukan penilaian hasil usaha penerima hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tingkat Universitas Tidar yang bertempat di Gedung FT 3. Kegiatan penilaian hasil usaha penerima hibah PMW dibuka oleh Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNTIDAR dan selanjutnya dilakukan penilaian oleh Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Adhi Surya Perdana, S.P., M.Sc., Dr. Sri Sarwanti, S.Pd., M.Hum., Satrio Ageng Rihardi, S.H., M.H., selaku panelis internal dan Muhammad Miftakhur Riza, S.T., Apt. Panji Hutomo, S.Farm selaku panelis eksternal.

Sebanyak 23 tim mahasiswa yang terdiri dari berbagai program studi, yang salah satunya adalah Program Studi Teknik Elektro. Terdapat 6 tim mahasiswa Teknik Elektro yang melakukan penilaian. 6 tim tersebut terdiri dari 1 tim skema organisasi mahasiswa (ORMAWA)  yang diketuai oleh Dahiliana Febriyanti dan 5 tim skema akademik yang diketuai oleh Rifqi Fahriza, Avan Khoirudin, Annisa Wahyuningrum, Indah Kusumaning Tyas, Soffan Azizurrahman.

Sesuai Visi Universitas Tidar yaitu “Menjadi Universitas Unggul Dalam Bidang Kewirausahaan Berbasis Sumberdaya dan Kearifan Lokal”. Oleh karena itu, dalam rangka mewujudkan visi tersebut, Bidang Kemahasiswaan menjalankan misi nomor satu yaitu “Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang kewirausahaan berbasis sumber daya dan kearifan lokal” melalui Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tingkat Universitas Tidar.

Penulis : Ry

Dalam rangka Latihan Praja Bakti TP 2021/2022 Taruna Akademi Militer (Akmil) Prodi Teknik Elektro Pertahanan Tingkat II dan Tingkat III bersinergi dengan dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tidar  melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Balkondes Karanganyar Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada tanggal 15-18 November 2021.

Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Untidar diwakili oleh Adi Nurcahyo, Laula Suryaning Tyas, M. Mujib Burrochman, Yogi Indrawan, Dewi Wulandari serta Risky Via Yuliantari, M.Eng. selaku dosen pendamping.

PkM diawali dengan Upacara pembukaan yang dipimpin oleh Bupati Magelang Bapak Zaenal Arifin, S.IP. di Lapangan Pemda Kabupaten Mungkid Magelang. Kemudian kegiatan dilanjutkan menuju masing-masing tempat pengabdian.

Selain memfokuskan pada pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat desa, sasaran PkM lainnya adalah pembuatan infrastruktur digital pada destinasi wisata Balkondes Karanganyar, Borobudur, Magelang. Infrasturktur yang dibangun adalah warung hotspot sebagai bisnis model mikro ekonomi desa dan perbaikan instalasi lampu jalan.

Dilaksanakan juga Workshop Digital Marketplace dengan mengundang Ryan Manafe selaku CEO sekaligus Founder Dagangan Indonesia. Harapan adanya workshop digital marketplace, masyarakat bisa memasarkan dagangannya secara digital hingga mampu menembus pasar dunia.

 

(Penulis Ry)

 

Rabu, 3 November 2021 bertempat di Gedung Fakultas Teknik 3 lantai 3 telah dilaksanakan kegiatan evaluasi dan persiapan program mahasiswa wirausaha Fakultas Teknik. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kemudian dilanjutkan dengan laporan kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Fakultas Teknik 2021 yang disampaikan oleh Sri Hastuti, S.T., M.T. selaku tim gugus kemahasiswaan Fakultas Teknik.

“ Ada 85 proposal yang mendaftar PMW FT dengan 3 kategori yaitu bidang IPTEK, kreatifitas pemanfaatan limbah/daur ulang, dan industri kreatif produk. Dari 85 proposal yang telah melalui tahap seleksi, terdapat 17 proposal yang lolos seleksi adminitrasi dengan total mahasiswa terlibat adalah 90 mahasiswa”, tutur Sri Hastuti, S.T., M.T.

Acara selanjutnya setelah laporan kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) adalah sambutan dari Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Ibrahim Nawawi, S.T., M.T.

“ Program mahasiswa wirausaha tahun 2021 mengalami peningkatan antusias, namun dalam target masih kurang 10 mahasiswa pewirausaha dalam Fakultas Teknik. Mahasiswa pewirausaha mendukung data IKT tahun 2021 oleh karena itu tahun mendatang diharapkan akan banyak mahasiswa yang terlibat”, pesan Ibrahim Nawawi, S.T., M.T.

Sebagai keberlanjutan kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Fakultas Teknik mengundang Adhi Surya Perdana, S.P., M.Sc. selaku PIC KBMI Universitas Tidar untuk memeberikan motivasi, tips dan trik untuk mengikuti Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI) di tahun 2022.

“Program KBMI dapat diikuti oleh mahasiswa aktif dari perguruan tinggi tingkat sarjana (program akademik) di Indonesia yang telah memiliki usaha yang berjalan selama minimal 6 (enam) bulan.” tutur Adhi Surya Perdana, S.P., M.Sc.

(Penulis : Sri Hastuti, S.T., M.T. , Editor : Ry)