Fakultas Teknik Universitas Tidar Ikuti Musyawarah Tahunan BKS-TM

Program Studi S1  Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar mengikuti Musyawarah Tahunan Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKS-TM) Indonesia. Acara yang diselenggarakan pada 4-6 Oktober 2023 di Bandung ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diikuti oleh anggota tetap dari Program Studi Teknik Mesin seluruh Indonesia.

Bertindak sebagai tuan rumah tahun ini adalah Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pasundan. Tema kegiatan adalah “Improving Mechanical Engineering Human Resources and Technology Capabilities for Facing The Challenge of Industry 4.0”.

Acara ini menghadirkan Dr. Ir. Doddy Rahadi, M.T., dari Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia serta Marsda Dr. Ir. Gita Amperiawan yang merupakan Direktur Utama PT. Dirgantara Indonesia. Acara dilanjutkan dengan workshop, laporan-laporan dari berbagai bidang serta diskusi terkait perkembangan dalam dunia teknik mesin di Indonesia.

Sri Hastuti, S.T., M.T.. IPP selaku perwakilan dari Universitas Tidar mengatakan bahwa acara ini memberikan manfaat yang sangat besar khususnya untuk mengembangkan Program Studi Teknik Mesin di Universitas Tidar. “Kegiatan ini memberikan pandangan dan ide baru dalam mengembangkan program studi serta fakultas agar dapat terus relevan dengan perkembangan dunia teknik mesin”, ujarnya. “Selain mendapatkan informasi baru dari para pembicara, kami juga saling bertukar informasi dari universitas lain terkait dinamika baik dalam perkuliahan maupun teknik mesin secara umum”, tambahnya.

Acara ini diakhiri dengan workshop TRIZ 40 Inventive Principles. TRIZ (Teoriya Resheniya Izobretatelskiks Zadach) merupakan sebuah metodologi inovasi dan pemecahan masalah yang populer di negara maju. Metode ini diperkenalkan oleh Genrich Altshuller dari Rusia. Metode ini sangat cocok untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam hal (1) analitycal thinking dan innovation, (2) creativity, originality and initiative, (3) critical thinking dan analysis, serta (4) complex problem solving.

Penulis : Seto, Editor: Sulis