SEMINAR ORANG TUA “PERAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI MAHASISWA”

Seminar Orang Tua dengan tema “Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Mahasiswa” diselenggarakan karena dilatar belakangi salah satunya untuk meningkatkan peran orang tua dalam proses pembelajaran. Manfaat kegiatan ini adalah orang tua mahasiswa dapat memahami peran aktif mereka dalam memantau kemajuan belajar putra-putrinya, dan mengetahui gambaran kegiatan perkuliahan dan kemahasiswaan di lingkungan Fakultas Teknik UNTIDAR. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Oktober yang bertempat di Wisma Sejahtera Magelang.

IMG_0436(1)

Kegiatan ini diikuti oleh orang tua/wali dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Teknik. Kegiatan ini diawali dengan sambutan Dekan Fakultas Teknik UNTIDAR, Bapak Ir. Kun Suharno, M.T. dan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh fasilitator Bapak Adhik Iwan Sulistiyanto, S.H., M.M. Materi yang disampaikan lebih ditekankan pada kecenderungan orang tua yang sering kali menuntut anak-anaknya untuk mengikuti semua keinginan dari orang tua. Hal ini dapat disiasati dengan komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Beberapa tips yang disampaikan diantaranya adalah sampaikan tujuan dari pembicaraan dan komunikasikan dengan jelas, ajak sang anak bicara dua arah, hindari sikap-sikap yang tidak mendukung komunikasi yang baik, dan gunakan Bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti oleh anak.

Harapannya dengan terselenggaranya kegiatan Seminar Orang Tua ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi yang lebih untuk mendorong putra dan putrid mereka sebagai mahasiswa lebih berprestasi dalam kegiatan pembelajaran melalui penerapan komunikasi yang efektif.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *