, ,

FT UNTIDAR Gelar Pelatihan Tim Pelaksana Kegiatan

Pengabdian FT UNTIDAR : Pelatihan TPK FT UNTIDAR kepada warga Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Pelatihan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) adalah realisasi program pengabdian masyarakat FT UNTIDAR. Bertempat di ruang rapat FT UNTIDAR, kegiatan ini dihadiri oleh dosen, mahasiswa, dan warga Desa Pogalan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang (28/11).

Ketua tim pengabdian masyarakat FT Xander Salahuddin S T M Eng mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pemahaman serta keterampilan warga Desa Pogalan khususnya dalam bidang teknik sipil.

“Diharapkan warga semakin mandiri untuk merencanakan dan melaksanakan Pembangunan infrastruktur di desanya sendiri” ujarnya.

Pelatihan ini meliputi materi perancangan desain, rencana anggaran biaya, penyusunan laporan, dan pelaksanaannya kegiatan. FT UNTIDAR menggandeng mahasiswa Jurusan Teknik Sipil sebagai isntrukur. Materi disampaikan dengan pendekatan praktis, termasuk praktik langsung pembuatan bata ringan untuk memberikan pengalaman langsung kepada peserta. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang transfer ilmu pengetahuan, namun dapat menciptakan interaksi positif perguruan tinggi dengan masyarakat. FT UNTIDAR melalui kegiatan ini berupaya mendukung pengembangan dan peningkatan kapasitas masyarakat dalam merencanakan dan melaksanakan pekerjaan konstruksi skala kecil di lingkungan mereka sendiri.

Dekan FT UNTIDAR Prof Dr Ir Gito Sugiyanto S T M T IPM ASEAN Eng mengapresiasi kegiatan ini sebagai Langkah konkrit dalam menciptakan sinergi antara dunia akademis dan Masyarakat, serta memberikan dampak positif yang nyata bagi Pembangunan lokal.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan Desa Pogalan dapat menjadi desa binaan FT UNTIDAR kedepannya” tambahnya.

Penulis: Seto, Editor: Sulis