SEMINAR NASIONAL RISET TEKNOLOGI TERAPAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TIDAR 2020

Magelang – Sabtu, 30 Mei 2020 telah dilaksanakan Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan dengan tema “Inovasi Teknologi Terapan yang Unggul dan Berdaya Saing Untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045” yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Tidar. Seminar ini diikuti oleh kurang lebih 286 peserta yang berasal dari berbagai daerah antara lain Sumatera Barat, Kalimantan Utara, Palu, Jambi, Kupang, Riau, Bali, Batam, dan beberapa daerah lain di Indonesia. Antusiasme peserta dalam mengikuti acara ini sangat terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar dan hadir dalam acara tersebut.

Acara seminar ini dilakukan secara daring / online. Metode daring / online juga merupakan salah satu bentuk kreativitas dalam berkarya di masa pandemi covid19. Pelaksanaan seminar terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi keynote speaker dan sesi paralel kelas. Acara dibuka oleh sambutan ketua panitia Arif Rahman Saleh, ST., MT., dan Rektor Universitas Tidar Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. Kemudian dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh keynote speaker yaitu : Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc, Prof. Erry Purnomo, Ph.D., dan Dr.Ir. Sapto Nisworo, M.T., IPM.

Fokus bidang yang dibahas dalam sesi paralel terkait dengan Bidang Teknik (Elektro, Mesin, Sipil) dan Sosial Humaniora. Dalam sesi paralel diikuti oleh 160 pemakalah yang dikelompokkan sesuai bidangnya, dan dibagi menjadi 8 kelas yang dipandu oleh host dan moderator dari masing-masing kelas. Terdapat juga satu kelas tambahan yang dikemas khusus untuk cadangan bagi para peserta yang mengalami masalah teknis pada saat pelaksanaan sesi paralel tersebut.

Acara ini diagendakan akan diselenggarakan secara rutin dua kali dalam setahun, agar semakin memperluas kerja sama antara kampus Untidar dengan berbagai instansi. Selain itu diharapkan seminar ini dapat menjadi wadah bagi para peneliti untuk mempublikasikan penelitiannya, sekaligus membangun jaringan serta kerjasama dalam berbagai bidang penelitian kedepan.(Edit : Fibra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *