,

SIMULASI AKREDITASI PROGRAM STUDI S1 TEKNIK MESIN UNIVERSITAS TIDAR

Akreditasi adalah penilaian mutu suatu lembaga pendidikan. Mutu pendidikan akan menjadi faktor penentu keberhasilan seluruh komponen baik institusi maupun personilnya dalam mencapai kesuksesan di dunia kerja. Sudah menjadi keumuman bila pemerintah dan berbagai perusahaan mempersyaratkan nilai akreditasi bagi calon pegawai yang akan mengikuti proses rekrutmen. Masyarakat dan orang tua saat ini dalam mengarahkan putra-putrinya untuk melanjutkan pendidikan juga selalu melihat faktor pentingnya standar mutu.

Saat ini, lembaga yang melakukan proses akreditasi program studi keteknikan bukan lagi BAN-PT, tetapi lembaga mandiri yang bernama Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik atau lebih dikenal LAM Teknik. Lembaga ini dibentuk pada Desember 2021 dan hanya melakukan proses akreditasi pada program studi keteknikan.

Untuk persiapan yang lebih matang, Program Studi S1 Teknik Mesin turut mengundang salah satu asesor LAM Teknik Dr. Eng. Risdiyono, S.T., M.Eng.. Peringkat akreditasi LAM Teknik tidak menggunakan peringkat A,B, ataupun C. Peringkat akreditasi yang digunakan adalah Unggul, Baik Sekali, Baik, dan Terakreditasi. Dr. Eng. Risdiyono, S.T., M.Eng. menjelaskan bahwa peringkat “Unggul” bukan berarti sama dengan peringkat A, peringkat “Baik Sekali” bukan berarti sama dengan peringkat B, dan peringkat “Baik” juga bukan berarti sama dengan peringkat B. Beliau juga menjelaskan lebih rinci mengenai apa yang diperlukan dalam proses akreditasi.

Dalam akreditasi Program Studi S1 Teknik Mesin tahun 2023, target dari tim akreditasi adalah mendapatkan peringkat Baik Sekali. Untuk itu tim akreditasi yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin diharapkan dapat mempersiapkan lebih matang untuk mencapai target tersebut. Peningkatan peringkat akreditasi harus disertai dengan kualitas yang meningkat sehingga output yang dihasilkan dapat bersaing di era saat ini.