MUSYAWARAH NASIONAL XI FORUM KOMUNIKASI HIMPUNAN MAHASISWA ELEKTRO INDONESIA (FKHMEI)

TERNATE – Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia (FKHMEI) merupakan organisasi yang menghimpun mahasiswa-mahasiswa Teknik Elektro di tingkat Perguruan Tinggi baik PTN/PTS se-Indonesia. Universitas Tidar sendiri termasuk dalam keanggotaan FKHMEI wilayah 9 (Daerah Istimewa Yogyakarta – Magelang). FKHMEI memiliki kegiatan rutin yaitu Musyawarah Nasional (Munas) FKHMEI dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) FKHMEI yang dilaksanakan masing-masing setiap dua tahun sekali di tahun berbeda.

WhatsApp Image 2017-05-16 at 7.58.05 AM

MUNAS XI FKHMEI (8-14/05/17) dilaksanakan di Universitas Khairun, Ternate. Kegiatan tersebut mencakup 376 himpunan mahasiswa Teknik Elektro di Perguruan Tinggi Indonesia yang sudah bergabung menjadi anggota FKHMEI, meskipun beberapa Himpunan tidak memberikan perwakilannya. Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Tidar sendiri mendelegasikan Dwi Novia Prasetyo selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Tidar 2017 sebagai peserta MUNAS XI FKHMEI.

Universitas Khairun sebagai tuan rumah MUNAS XI FKHMEI mengusung kegiatan pembukaan berupa Seminar Nasional dengan tema “Peran FKHMEI dalam Pengelolaan SDA di Sektor Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi untuk Kemandirian Energi Indonesia” dengan pembicara Ir. D. Joko Winarno, M.M. dan Rizky Chandra Ardyanto, S.T.

WhatsApp Image 2017-05-16 at 7.58.09 AM

Selanjutnya acara inti adalah Musyawarah Nasional berupa Sidang Pleno dan Sidang Paripurna FKHMEI dengan agenda sidang yaitu Pembukaan, Sidang Pleno I (Pembahasan Agenda Sidang dan Pembahasan Tata Tertib MUNAS XI FKHMEI), Sidang Pleno II (Laporan Kondisi Objektif Wilayah, Usulan Anggota Baru FKHMEI dan Evaluasi Kepengurusan Nasional dan Wilayah), Sidang Pleno III (Laporan Pertanggungjawaban Dewan Presidium dan Sekretaris Jenderal FKHMEI), Sidang Pleno IV (Sidang Komisi), Sidang Pleno V (Evaluasi Road Map FKHMEI 2015-2025), Sidang Pleno VI (Pembahasan dan Penetapan Wilayah Kerja serta Anggota FKHMEI), Sidang Pleno VII (Pemilihan dan Penetapan Dewan Presidium dan Sekretaris Jenderal FKHMEI 2017-2019), Sidang Pleno VIII (Pemilihan dan Penetapan Tuan Rumah Kegiatan Nasional yaitu RAKERNAS XI FKHMEI dan MUNAS XII FKHMEI), Sidang Paripurna (Penetapan Keputusan Sidang Pleno) dan Penutupan.

WhatsApp Image 2017-05-16 at 7.58.09 AM(1)

Dalam rangkaian panjang kegiatan MUNAS XI FKHMEI (14/05) ditetapkan Sekretaris Jenderal FKHMEI 2017/2019 Juni Anggara (UINSUKA Riau) menggantikan Imam Khoiri sebagai Sekretaris Jenderal FKHMEI sebelumnya. Penetapan Tuan Rumah RAKERNAS XI FKHMEI merekomendasikan di wilayah 8 Universitas Muhammadiah Semarang dan wilayah 12 Universitas Udayana yang masih dalam rekomendasi, sementara untuk Penetapan Tuan Rumah MUNAS XII FKHMEI akan disepakati pada RAKERNAS XI FKHMEI.

Setelah beberapa hari fokus pada kegiatan Sidang Pleno dan Sidang Paripurna, kegiatan selanjutnya adalah penutupan. Dalam kegiatan penutupan, peserta diajak mengelilingi kota Ternate yang penuh dengan segala keunikan dan perbedaan dari asal kota yang masing-masing terdiri dari kota-kota berbeda di seluruh Indonesia. Selain menikmati keindahan kota Ternate, peserta juga disuguhkan berbagai macam makanan khas kota tersebut juga jajanan dan oleh-oleh yang dapat dibawa pulang untuk teman-teman juga keluarga di masing-masing daerah.

WhatsApp Image 2017-05-16 at 7.57.54 AM(1)

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Tidar berharap suatu saat Universitas Tidar dapat menjadi Tuan Rumah untuk kegiatan bergengsi ini. Tak hanya memperkenalkan Untidar di wajah Nasional, namun dapat memberikan pandangan luas tentang Magelang itu sendiri sebagai kota yang memiliki daya tarik wisata sekaligus kota yang menjunjung nilai-nilai agama dan pendidikan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *