, ,

DOSEN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS TIDAR BERPARTISIPASI DALAM INTERNATIONAL CONFERENCE DI FAKULTAS TEKNIK MESIN , UNIVERSITI TEKNOLOGI MARA (UITM) SHAH ALAM, MALAYSIA

Dalam rangka peningkatan jumlah partisipasi dosen Fakultas Teknik Universitas Tidar dalam International Conference, dosen terlibat sebagai presenter/ penyaji dalam International Conference baik dalam negeri atau pun luar negeri. The International Joint Conference on Advanced anufacturing Technology and Simulation (IJCAMTS) 2018 adalah International Conference yang iselenggarakan bersama oleh Fakultas Teknik Mesin di Universiti Teknologi MARA (UiTM) di Shah Alam, Malaysia, Chemnitz University of Technology (CUT) di Chemnitz, Jerman dan Universitas   Sumatera Utara (USU) di Medan, Indonesia serta Universitas Mercu Buana (UMB) di Jakarta, Indonesia. International Conference pertama pada tahun 2018 ini mengundang semua peneliti dan pakar industri dalam bidang Teknologi dan Proses Manufaktur serta Manufaktur Virtual untuk menyebarluaskan hasil dan studi utama, hasil akhir, implementasi, alat, dan teknik mereka di tingkat internasional. IJCAMTS 2018 diselenggarakan dalam kemitraan dengan Malaysia Automotive Institute (MAI). IJCAMTS 2018 dilaksanakan pada tanggal 8 – 9 Agustus 2018 di Fakultas Teknik Mesin, UiTM Shah Alam, Malaysia. Dalam International Conference tersebut dihadiri oleh 6 Keynote Speaker: Dr. Esa Haruman (Bakrie University, Indonesia), Assoc. Prof. Ir. Dr. Abu Bakar Sulong (UKM Malaysia), Prof. Dr. Erry Yulian T. Adesta (IIUM, Malaysia), Assoc. Prof. Dr. Farazila Yusof (UM, Malaysia), Ir. Dr. Noorazizi Mohd Samsuddin (UTM, Malaysia), dan Assoc. Prof. Dr. Triyono (UNS, Indonesia). 

WhatsApp Image 2018-08-12 at 09.47.10WhatsApp Image 2018-08-12 at 09.49.15

Gambar 1. Foto bersama keynote speaker dan semua peserta IJCAMTS 2018

IMG20180808170333(1)

Gambar 2. Parallel session penyaji jurnal dari dosen Fakultas Teknik Universitas Tidar dan penyerahan sertifikat (IJCAMTS) 2018.

Fakultas Teknik Universitas Tidar mengirimkan partisipasi dosen atas nama Sri Hastuti, S.T., MT. dari Program Studi Teknik Mesin (S1) dalam acara 1st IJCAMTS 2018 sebagai penyaji dengan judul “ Effect of the Surface Treatment on the Strength of Mixed Adhesive in Single Lap Joint Aluminum”. Jumlah peserta yang mengikuti parallel session sebanyak 45 paper yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2018. Peserta dalam IJCAMTS 2018 dari beberapa Universitas dari berbagai Negara: Malaysia, Indonesia, Vietnam, dan Republic of Korea (South Korea). Workshop dengan topik “AFDEX Intelligent Metal Forming Simulator “ disampaikan pada tanggal 9 Agustus 2018 oleh pihak AFDEX, Jinju Korea. Peserta melakukan praktik penggunaan software dari AFDEX dan melakukan simulasi sederhana untuk mengetahui distribusi material ketika menerima beban yang ditampilkan dalam skala warna.

 WhatsApp Image 2018-08-12 at 09.46.46WhatsApp Image 2018-08-12 at 09.46.48 (3)

Gambar 3. Workshop AFDEX Intelligent Metal Forming Simulator

Keterlibatan dosen Fakultas Teknik Universitas Tidar dalam acara IJCAMTS 2018 di Fakultas Teknik Mesin, Universiti Teknologi Mara Shah Alam, Malaysia diharapkan dapat meningkatkan jumlah makalah/ jurnal bereputasi yang dipublikasikan terindeks oleh SCOPUS dan memotivasi dosen – dosen lain untuk dapat berpartisipasi dalam acara International Conference di dalam negeri maupun luar negeri, sehingga menambah wawasan dan memungkinkan dapat membuka peluang besar untuk kerjasama Internasional antara Universitas Tidar dengan perguruan tinggi lain baik dalam negeri maupun luar negeri. (Upl: FBR)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply