,

HMM FT UNTIDAR BUKA PELUANG KARIER MAHASISWA MELALUI SEMINAR DAN JOB FAIR

Magelang (14/6), Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik Universitas Tidar (HMM FT-UNTIDAR) menyelenggarakan pertama kalinya Seminar Karir dan Job Fair pada Tahun 2023 yang diadakan di Gedung Kuliah Umum H. R. Suparsono. Seminar Karir dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan sambutan oleh Ketua HMM FT-UNTIDAR Ofik Wahyu Pratama, dilanjutkan oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Industri Trisma Jaya Saputra, S.T., M.T. dan dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Tidar Dr. Ir. Gito Sugiyanto, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan alumni fresh graduate. Acara ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan alumni yang mengikuti seminar sehingga dapat membantu dalam persiapan pengembangan karir sedini mungkin serta mempertemukan dengan peluang lowongan kerja yang ditawarkan oleh mitra industri dalam job fair.
Pemateri pertama seminar karir Bagus Faisal Dharma Arif, S.T. menyampaiakan “Persiapan Berkarir”. Beliau menjelaskan pentingnya managemen karir yang dimulai dari memahami apa itu karir, tipe karir, sampai ke target dan tujuan karir. Pemateri ke dua Bapak Gani Sulistiawan, S.T. menyampaikan “Tips CV dan Wawancara”. Beliau menjelaskan faktor-faktor penting yang harus ada pada CV serta tips wawancara yang baik dan benar.

Job Fair berlangsung pada pukul 12.30 WIB. Dimana telah hadir 5 perusahaan ternama dari berbagai sektor industri yaitu PT Mekar Armada Jaya, PT Sinar Mulia Teknalum, PT Lancar Wiguna Sejahtera, AHASS Inti Motor, dan New Optik Diamond siap menawarkan lowongan pekerjaan dan magang. Peserta dapat mengunjungi stand-stand perusahaan untuk mengirimkan lamaran kerja, berinteraksi dengan perwakilan perusahaan, dan mengeksplorasi berbagai peluang kerja yang tersedia. Banyak peserta yang antusias mengajukan lamaran kerja langsung pada acara ini. “Seminar Karir dan Job Fair ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi semua peserta dan membantu dalam meraih kesempatan karir yang lebih baik. Semoga acara serupa dapat diadakan secara berkala untuk terus memberikan kesempatan kepada para pencari kerja dalam mengembangkan karir “ungkap ketua panitia Dylan Sayida Savana mahasiswa Program Sarjana Teknik Mesin.

Penulis : Humas HMM-FT UNTIDAR