,

HMTE UNTIDAR GELAR WORKSHOP PLC TINGKATKAN KEAHLIAN MAHASISWA DALAM OTOMASI INDUSTRI

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) UNTIDAR menggelar Workshop Programmable Logic Controller (PLC) di Gedung Kuliah Umum dr. H. R. Suparsono UNTIDAR, Kamis (15/06). Workshop menghadirkan lead engineer (insinyur utama) PT Sinergi Ketahanan Pangan (Chickin Indonesia), Ahmad Sarifudin, S.T. sebagai pemateri.
Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Sigit Iswahyudi, S.T., M.T. berharap agar mahasiswa meningkatkan keahlian mereka sebelum lulus secara resmi dari universitas. Workshop PLC diharapkan dapat lebih mendukung minat dan keterampilan teknis mahasiswa.
Kepala Laboratorium Jurusan Teknik Elektro Ir. Andriyatna Agung Kurniawan, S.T., M.Eng. menambahkan, permintaan keahlian PLC semakin meningkat. PLC juga sudah mulai diajarkan di program studi Teknik Elektro UNTIDAR sejak tahun lalu.
“Begitu adanya program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) kemarin, teman-teman mahasiswa UNTIDAR yang magang di industri-industri semakin menunjukkan adanya permintaan keahlian di bidang PLC. Hal itu karena industri sudah menggunakan PLC sebagai komponen utama,” jelas Andriyatna Agung Kurniawan, S.T., M.Eng.
Ahmad Sarifudin, S.T. sebagai praktisi (lead engineer/insinyur utama) PT. Sinergi Ketahanan Pangan (Chickin Indonesia) memaparkan pentingnya mahasiswa mempelajari PLC. PT. Sinergi Ketahanan Pangan adalah perusahaan peternakan ayam yang menggunakan teknologi Internet of Things untuk meningkatkan produktivitas ayam.
Ahmad Sarifudin, S.T. sebagai praktisi (lead engineer/insinyur utama) PT. Sinergi Ketahanan Pangan (Chickin Indonesia)
Untuk memastikan produktivitas ayam tetap optimal dan menghindari stres pada ayam, teknologi perlu diterapkan. Salah satu contohnya adalah pengaturan ventilasi, pendingin, dan pemanas di dalam kandang ayam yang dikendalikan oleh PLC.
“Chickin adalah startup peternakan. Semuanya berbasis teknologi. Artinya, teknologi akan merambah semua segmen, dari pertanian, peternakan, dan perikanan. Untuk itu, PLC diperlukan untuk mengontrol proses atau operasi mesin,” kata Ahmad Sarifudin, S.T.
Permintaan tinggi terhadap keahlian PLC memberikan peluang karier yang menjanjikan bagi para mahasiswa. Dukungan dari perusahaan seperti PT. Sinergi Ketahanan Pangan (Chickin Indonesia) dan pengajaran PLC di UNTIDAR mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga profesional yang siap menghadapi tantangan di industri otomasi.

Penulis : Isaka/Humas UNTIDAR