,

KUNJUNGAN PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI KE DEPARTEMEN TEKNIK MESIN DAN INDUSTRI UNIVERSITAS GADJAH MADA DALAM RANGKA PERSIAPAN PRODI S1 TEKNIK INDUSTRI

Rabu, 10 Mei 2023 Program Studi Teknik Industri Universitas Tidar melakukan kunjungan ke Program Studi Teknik Industri Universitas Gadjah Mada dilaksanakan dalam rangka persiapan Program Studi S1 Teknik Industri Universitas Tidar dalam memulai perkuliahan tahun ini.

Kegiatan ini dibuka oleh I Gusti Bagus Budi Dharma, S.T., M.Eng., Ph.D. selaku Ketua Program Studi Pascasajana S2 Teknik Industri. Sebelum acara inti dimulai Dekan Fakultas Teknik UNTIDAR Dr. Ir. Gito Sugiyanto, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Teknik Industri UGM untuk menerima kunjungan dari Teknik Industri UNTIDAR. Tak lupa beliau juga menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ini adalah untuk sharing mengenai kurikulum yang dilaksanakan di UGM dan laboratorium yang dibutuhkan selama perkuliahan.

Acara dilanjutkan pemaparan oleh Ketua Program Studi S1 Teknik Industri Dr.Eng. Titis Wijayanto, ST., M.Des.. Beliau menjelaskan mengenai SKS yang ditempuh di Program Studi S1 Teknik Industri UGM adalah 151 sks. Jumlah tersebut terdiri dari math & basic sciences 31 sks, IE specific topics 70 sks, IE design 30 sks, dan general education 20 sks. Salah satu mata kuliah di Teknik Industri UGM adalah proyek terpadu. Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa untuk memecahkan masalah dengan berkolaborasi dengan instansi lain. Beberapa instansi di tingkat wilayah maupun nasional. Diharapkan mahasiswa dapat menerapkan teori-teori yang telah dipelajari sebelum mengambil mata kuliah proyek terpadu. Setelah paparan selesai, rombongan dari UNTIDAR diajak untuk melihat laboratorium yang ada. Ada 5 laboratorium yaitu laboratorium ergonomika, laboratorium proses dan sistem produksi, laboratorium teknik mutu dan keandalan, laboratorium teknik rantai pasok dan logistik, laboratorium desain dan pengembangan produk. Kegiatan ditutup dengan mengunjungi laboratorium ergonomika.

Dengan kegiatan ini diharapkan Program Studi S1 Teknik Industri Universitas Tidar lebih maksimal dalam mempersiapkan perkuliahan yang akan dimulai akhir tahun ini. Tidak hanya untuk persiapan perkuliahan, tapi juga untuk mempersiapkan akreditasi. Kedepannya Program Studi S1 Teknik Industri Universitas Tidar menargetkan dapat terakreditasi secara internasional dimana hal itu dapat meningkatkan daya tarik calon mahasiswa untuk melanjutkan studi ke Program Studi S1 Teknik Industri dan mendorong program studi untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar output yang dihasilkan dapat bersaing di dunia kerja.