, ,

Tingkatkan Kemampuan, Pengelola Laman Fakultas Teknik UNTIDAR Ikuti Pelatihan Penulisan Artikel dan Pengelolaan Media Sosial

Wartawan Suara Merdeka, Asef Amani memberikan pelatihan jurnalistik bagi pengelola dan penulis artikel laman UNTIDAR, Kamis-Jumat 7-8 Desember 2023 (ft.untidar.ac.id/ dok)

Pengelola laman dan penulis artikel FT UNTIDAR, Budi Sulistya dan Janur Seto Kasari mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel dan Pengelolaan Media Sosial pada Kamis-Jumat, 7-8 Desember 2023. Pelatihan diselenggarakan Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama (BAKK) UNTIDAR di Hotel Puri Asri Magelang.

Workshop diikuti 36 orang yang terdiri dari pengelola laman dan penulis artikel di tingkat fakultas, lembaga, unit di lingkungan UNTIDAR.

Acara dibuka Kepala BAKK UNTIDAR Drs. Giri Atmoko, M.Si..”Penyebarluasan informasi terkait UNTIDAR saat ini memanfaatkan laman maupun media sosial. Untuk itu media tersebut harus benar-benar dapat memberikan informasi yang menarik secara isi serta tampilan”, ungkapnya dalam sambutan.

Asef Amani, salah satu wartawan dari Suara Merdeka dihadirkan sebagai pembicara dalam pelatihan ini. “Dalam menulis berita selain memiliki unsur 5W 1H, berita harus berdasarkan data faktual serta menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas”, tuturnya.

“Menulis berita dapat mengacu pada teori piramida terbalik. Informasi penting ditempatkan paling atas diikuti informasi tambahan pada bagian bawah”, tambahnya.

Pada akhir sesi, Asef juga memberikan koreksi terhadap artikel berita yang ada di beberapa laman milik UNTIDAR. Menurutnya masih banyak yang harus ditingkatkan dalam proses penulisan berita agar pembaca semakin tertarik dengan berita maupun informasi yang ditampilkan laman milik UNTIDAR.

Penulis: Seto, Editor: Sulis