, ,

Workshop Kurikulum Untuk Persiapan Menuju Akreditasi Internasional

FT UNTIDAR : Review kurikulum untuk persiapan menuju akreditasi internasional (ftuntidar/dok)

MAGELANG – Pengembangan kurikulum salah satu persiapan akreditasi internasional IABEE (The Indonesian Accreditaion Boards for Engineering Education) FT UNTIDAR. Kegiatan ini bertempat di Gedung FT3 UNTIDAR yang dihadiri dosen FT UNTIDAR dan pemangku kepentingan dari dunia indsutri. (2/12)

Dalam kesempatan ini hadir para pemangku kepentingan dari PT. Jasa Teknik Indonesia, PT. Mega Andalan Kasalan dan PT. Waskita Karya. Turut hadir juga perwakilan dari Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI), Asosiasi Industri Mold dan Dies Indonesia (IMDIA) dan Indonesian Society of Steel Construction (ISSC).

Dalam sambutannya, Dekan FT Prof Dr Ir Gito Sugiyanto S T M T IPM ASEAN Eng mengatakan kegiatan ini merupakan hal yang harus dilakukan setiap fakultas untuk terus mengembangkan kurikulumnya agar senantiasa relevan dengan perkembangan dunia industri.

“Masukkan dari para pemangku kepentingan inilah yang akan dijadikan acuan untuk selalu mengembangakan kurikulum yang ada di Fakultas Teknik saat ini. Selain itu juga dalam rangka menyongsong proses akreditasi dari IABEE”, tambahnya.

Para pemangku kepentingan yang diundang ini berdasarkan jurusan yang ada di FT UNTIDAR yaitu Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Mesin dan Industri serta Jurusan Teknik Sipil. Diharapkan para pemangku kepentingan dapat memberikan masukkan kepada jurusan. Masing-masing program studi memaparkan kurikulum yang berisi mata kuliah, bahan kajian, dan praktikum. Diskusi yang dilakukan berfokus pada penyamaan persepsi mengenai kompetensi lulusan dengan kebutuhan industri saat ini.

Dalam sesi terakhir workshop ini terbentuk Dewan Kurikulum Fakultas Teknik Universitas Tidar. Dewan kurikulum ini yang nantinya akan bertugas untuk untuk memberikan masukan, pertimbangan, mengkurasi dan rekomendasi terkait kurikulum di Fakultas Teknik.

Penulis: Seto, Editor: Sulis